Ai kangkung, 28 November 2018. Bupati Sumbawa Barat menghadiri undangan Peringatan Maulid nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Hijratusaabil Kecamatan Sekongkang.

Ustadz H. Lalu Subarda, menyampaikan tausiah bahwa Nabi Muhammad mengajarkan cara beribadah kepada kita. Nabi bersabda shalatlah sebagaimana aku shalat. “Dari mana kita sebagai umat diakhir jaman bisa mengetahui hal tersebut sedangkan kita tidak pernah bertemu dengan nabi? Itulah peran para ulama sebagai penyambung risalah nabi”. kata ustadz.

Ustadz melanjutkan bahwa kita sebagai umat islam harus mengikuti semua petunjuk Nabi Muhammad. Rusaknya tatanan masyarakat bukan karena banyaknya perbuatan maksiat semata tapi juga karena diamnya para ulama atau orang yang berilmu terhadap perbuatan dosa yang ada disekitar kita.

Bupati Sumbawa Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa yang paling penting dalam peringatan maulid nabi ini adalah bahwa apa yang disampaikan kepada kita tentang perilaku dan akhlak Rasulullah itu yang kita ikuti. Karena dalam diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik.

“Manusia yang paling baik itu adalah yang beriman, beramal shaleh dan saling mengingatkan dalam kebenaran dan saling mengingatkan dalam kesabaran. Oleh karena itu mari kita amalkan apa yang disampaikan oleh ustadz tadi”. kata bupati.

Bupati melanjutkan bahwa banyak hal yang patut disyukuri di kecamatan Sekongkang ini, misalnya alhamdulillah di Sekongkang relatif aman dan tidak terlalu terdampak bencana gempa yang melanda pada 19 Agustus yang lalu. Hal tersebut patut kita syukuri karena boleh jadi rahmat yang diturunkan kepada kita semua itu dikarenakan kita masih saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran. “Oleh karena itu mari kita jaga kondusifitas di wilayah kita, dan kita makmurkan masjid-masjid”. pungkas bupati menutup sambutannya.

Setelah memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan shalat ashar berjamaah dan ramah tamah Bupati dengan masyarakat setempat. Hadir dalam kegiatan ini Ibu Hj. Hanifah Musyafirin, Kepala dinas PU, Kepala dinas Pemadam Kebakaran yang juga Plt. Kasat Polpp, Kepala Dinas DPMD, serta beberapa kepala bidang lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. (Bagian Humas dan Protokol)