TALIWANG—Pasca banjir bandang di Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M meninjau lokasi, Kamis siang (22/11/2018).

Bupati meninjau Desa Kertasari usai melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di Masjid Agung Darussalam. Bupati yang didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KSB melihat warga, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Pol PP yang bergotong royong membersihkan ranting kayu dan sampah di pinggir jalan.

Kepala Desa Kertasari, Burhanudin melaporkan banjir banding terjadi akibat tingginya volume air dari bukit sebelah timur Desa Kertasari. Tingginya debit air diakibatkan hujan mengguyur mulai pukul 05.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita. Air yang banyak tidak bisa ditampung drainase sehingga meluap ke jalan bahkan masuk ke rumah warga yang berkonstruksi batu batu. Beruntung air cepat surut yakni pada pukul 10.00 Wita. Tidak ada korban dalam musibah ini, banjir setinggi lutut orang dewasa hanya merusak pagar rumah warga.

Selain meninjau sejumlah rumah, Bupati juga berdialog dengan warga. Bupati juga menyerahkan bantuan berupa 70 kardus mi instan dan 70 kardus air mineral. Bupati meminta warga untuk bersabar atas kejadian ini. Selain itu tentu harus menjaga lingkungan, membuang sampah pada tempatnya. Yang tidak kalah penting adalah meningkatkan ibadah kepada Allah SWT serta berdo’a agar dihindarkan dari bencana.(Humas & Protokol)