Bupati Serahkan Perangkat Jaringan Internet Untuk 10 Desa Terpencil

 

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir H. W Musyafirin, M.M menyerahkan perangkat jaringan internet via satelit untuk 10 desa terpecil se Kabupaten Sumbawa Barat. Perangkat jaringan internet ini diserahkan langsung Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H W Musyafirin, MM kepada 10 Kepala Desa yakni Desa Talonang, Desa Tatar. Kemudian Desa Mataiyang, Desa Rarak Ronges, Desa Moteng, Desa Mantar, Desa Kiantar, Desa Tuananga, Desa Kelanir dan Desa Bangkat Monteh.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat, Ir. H. Muslimin, M.Si mengatakan, kegiatan dari program untuk memperlancar komunikasi dan informasi ini adalah dinamakan Mangoesky, dimana layanan ini merupakan layanan akses internet berbasis teknologi satelit. ‘’Kegiatan ini bekerjasama dengan Telkom yang terhubung ke desa-desa,” kata Ir. H. Muslimin, Senin (20/03/2017).

Muslimin mengungkapkan, tujuan dari program ini adalah pendayagunaan teknologi informasi dan komuniksi untuk mendukung kinerja pemerintah dan memberikan pelayananaa publik kepada masyarakat serta lebih mendekatkan diri pada dunia usaha melalui e-goverment. ‘’Akses internet ini sangat penting, dengan jaringan internet via satelit ini aparatur desa akan memberikan laporan via internet termasuk juga untuk mendukung absen online,” jelasnya.

 

Ia menambahkan pada tahun anggaran 2017 Dinas Kominukasi dan Informatika memberikan perangkat jaringan internet via satelit kepada 10 desa terpencil. Namun pihaknya akan memasang jaringan internet via satelit ini untuk seluruh desa di Kabupaten Sumbawa Barat.(adm)