TP PKK KSB Edukasi Perempuan Deteksi Kanker Serviks

SAMBUTAN: Ketua TP PKK KSB, Hj. Hanifah Musyafirin, S.PT memberikan sambuatan dalam seminar Kanker Serviks dan Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) test di arena forum yasinan yang juga kediamannya, Kamis (20/04/2017).

 

TALIWANG-Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sumbawa Barat mengggelar seminar mengedukasi perempuan di Sumbawa Barat untuk mengenal, mencegah dan menanggulangi kanker serviks.

Seminar Kanker Serviks dan Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) test ini digelar dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45. Kegiatan ini dilaksanakan di arena forum yasinan kediaman pribadi Bupati Sumbawa Barat, Kelurahan Bugis, Taliwang, Kamis pagi (20/04/2017). Narasumber seminar ini adalah dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Umum Daerah Asy-Syifa Sumbawa Barat.

Hadir dalam pembukan seminar kanker serviks dan tes IVA ini Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M, Sekda Sumbawa  Barat, Abdul Azis, S.H., M.H. Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan, S.IK, Ketua DPRD Sumbawa Barat, M. Nasir dan pejabat lingkup pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Kemudian ibu-bu istri anggota DPRD KSB yang tergabung dalam Poswara, Bayangkari Sumbawa Barat, Persit Sumbawa barat dan ibu-ibu dari organisasi wanita lainnya.

Ketua Panitia Hj. Erna Idawati Usman, S.E dalam laporannya menyampaikan, telah banyak wanita di KSB yang terinveksi kanker serviks. Beberapa diantaranya pun sudah cukup parah karena sudah di level stadium lanjut bahkan sulit tertolong. Karenanya, melalui seminar kanker serviks dan pemeriksaan IVA test ini diharapkan perempuan di KSB lebih dini mengenal kanker serviks sehingga lebih kini juga mengatasinya.

Ketua TP PKK KSB, Hj. Hanifah Musyafirin, S.PT dalam sambutannya mengatakan, PKK merupakan mitra kerja pemerintah. Melalui kegiatan seminar ini, PKK ingin menginformasikan, mengedukasi perempuan di KSB untuk mendeteksi secara dini kanker serviks yang mungkin dialaminya. ‘’Semoga seminar ini membuka wawasan dan pengetahuan untuk berprilaku positif dalam bekeluarga demi menyiapkan generasi yang akan datang,” katanya.

Hj. Hanifah juga mengharapkan kade PKK Kecamatan dan Kelurahan/Desa menyebarluaskan pengetahuan tentang kanker serviks kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat terutama kaum hawa memahami cara mendeteksi dan menangani dengan cepat. Pemahaman kanker yang mematikan ini agar perempuan KSB lebih siap, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M dalam arahannya mengatkan, seperti yang dikatakan ketua TP PKK KSb, mecegah lebih baik dari pada mengobati. Dengan seminar ini diharapkan perempuan KSB lebih dini memahami dan mendeteksi kanker serviks. ‘’Saya berharap juga semua ibu-ibu bisa melakukan tes IVA untuk mengetahui sejak dini kanker serviks, sehingga mudah-mudahan KSB bisa bebas dari penularan kanker serviks,” katanya diharapan ratusan perempuan pesarta seminar.

 

Selain dari perempuan sendiri, untuk diketahui penyebab kanker mulut rahim ini juga disebabkan di luar perempuan, yakni oleh suami. Diharapkan suami untuk bersikap setia terhadap isteri, menjaga harkat dan martabat pribadi dan keluarga. Karena kunci ketiaan suami isteri menjaga martabat keluarga adalah pencegah utama kanker serviks termasuk penyakit lainnya.(tim)