Bupati Buka Pemusatan Latihan Calon Anggota Paskibraka KSB

 

 

TALIWANG-Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M membuka Pemusatan Latihan Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Jumat pagi (4/8/2017).

 

Pembukaan Pemusatan Latihan Anggota Paskibraka KSB ini dilaksanakan di Central Forum Yasinan Pemerintah KSB atau kediaman Bupati Sumbawa Barat. Hadir dalam acara ini, Asisten I Setda KSB, Dr. Mukhlis, M.Si, Kabag Humas dan Protokol Setda KSB, Ir. Abdul Muis Syafií, M.M, Pimpinan Bank NTB Taliwang, jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) KSB, para kepala sekolah  dan orang tua calon anggota Paskibraka KSB tahun 2017.

 

Kadis Dikpora KSB, Drs. Tajuddin, M.Si dalam laporannya yang dibacakan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Dikpora KSB, Syamsul Hadi, S.Pd menyampaikan, calon anggota Paskibraka ini sebanyak 34 orang. Tujuan pemusatan latihan ini untuk meningkatkan peran serta pemuda dalam mensukseskan program pemerintah dan pembangunan bangsa. Menumbuhkembangkan sikap disiplin, kejujuran dan rasa percaya diri dalam diri generasi muda. Menanamkan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda dan mensukseskan kegiatan peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia tingkat KSB tahun 2017.

 

Kegiatan pemusatan latihan calon Paskibraka ini  jelasnya akan berlangsung dari tanggal 4 sampai 18 Agustus bertempat di Hotel Andi Graha Taliwang. Gladi Kotor Upacara Bendera HUT RI ke-72 pada tanggal 15 Agustus di Lapangan Graha Fitrah. Gladi Bersih tanggal 16 Agustus bertempat di Lapangan Graha Fitrah dan malam pengukuhan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus di aula lantai III Gedung Setda Sumbawa Barat. ‘’Panitia yang terlibat dalam pelatihan ini unsur TNI, Polri, PPI, Dikpora, Dinas Kesehatan dan Satol PP,” katanya.

 

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dalam sambutannya mengatakan, masa depan KSB, negara ada pada anak-anak. ‘’Kami sebagai pimpinan daerah,  apa yang diberikan daerah kepada anak-anak belum ada apa-apanya. Saya merasa bangga dan terharu melihat anak-anak seperti ini,” kata Bupati sambil meneteskan air mata.

 

Sekarang ini lanjut Bupati, rasa kebangsaan dan bertanah air semakin  menipis. Kelompok radikal bermunculan berusaha mengikis NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Anak-anak yang terpilih menjadi calon anggota Paskibraka KSB adalah anak pilihan. Menjadi anggota Paskibraka juga bukan untuk sekadar menaik, menurunkan bendera atau baris berbaris. Namun sebagai wadah menggodok mental yang akan melahirkan sikap, sikap yang menghormati bendera, bangsa, kebersamaan, tidak membedakan etnis, agama dan lainnya.

‘’Persiapkan diri, makin bagus persiapan,  hasilnya semakin baik.  Tidak ada hasil yang mengkhianati proses.  Jangan pacaran apalagi narkoba,  kalau kena maka masa depan kalian habis,  orang tua juga malu. Kalian harus jadi suri tauladan, panutan duta anak di KSB,” imbuhnya. 

 

Bupati juga meminta pelatih calon angota Paskibraka KSB 2017 ini untuk serius dan sungguh-sungguh melatih sesuai prosedur. Jangan sampai ada korban dalam bentuk apapun selama latihan. ‘’Hari ini kalian jadi calon, mudah-mudahan tanggal 16 Agustus kalian sudah matang untuk menjadi anggota Paskibraka KSB tahun 2017,” tandas Bupati.

 

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyerahkan secara simbolis seragam kepada calon anggota Paskibraka KSB Tahun 2017. Selain itu diserahkan  pula buku rekening dukungan Bank NTB senilai Rp. 1 juta kepada masing-masing calon anggota Paskibraka dalam bentuk tabungan.(Humas)