Pangdam Letakkan Batu Pertama Pembangunan Makodim KSB

 

TALIWANG—Panglima daerah militer (Pangdam) IX Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc meletakkan batu pertama pembangunan markas komando distrik militer (Makodim) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Rabu siang (9/8/2017).

Kedatangan Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc dan rombongan bukan hanya untuk mengisi ceramah kebangsaan dan silaturrahmi dengan pemerintah daerah dan rakyat Kabupaten Sumbawa Barat. Kedatangan jenderal bintang dua di pundaknya ini juga membawa kado untuk Kabupaten Sumbawa Barat, yakni dengan meletakkan batu pertama Makodim KSB yang 13 tahun telah dinanti pemerintah dan rakyat Kabupaten Sumbawa Barat.

Batu pertama yang diletakkan Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc diikuti Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M, Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, S.T ini adalah batu pondasi tiang bendera Kodim KSB. Untuk mendapat ridho Allah SWT, peletakan batu pertama ini diiringi doa yang dipimpin Ketua Majelis Ulama (MUI) KSB, KH. Syamsul Ismain, Lc.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M mengharapkan, Kodim Kabupaten Sumbawa Barat telah lama di nanti rakyat Sumbawa Barat. Keberadaan Kodim tentu sangat membantu keamanan dan tidaklah lengkap daerah otonom jika belum memiliki kodim. ‘’Kita runing, kita kejar, mudah-mudahan Kodim KSB menjadi kado di Hari Ulang Tahun KSB ke-14 tanggal 20 November 2017 dan diresmikan Pangdam atau Kasad (Kepala Staf TNI Angkatan Darat),” katanya.

Bupati juga menyinggung masih kurangnya anggota Babinsa sesuai jumlah desa/kelurahan di KSB. Dimana, jumlah desa dan kelurahan di KSB sebanyak 64. Bupati pun meminta tambahan anggota Babinsa memenuhi jumlah desa/kelurahan di KSB untuk mendukung program pemerintah daerah dan semakin menguatkan keamanan demi pembangunan KSB.

Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc mengatakan, pembangunan Kodim KSB karena kebutuhan Pemerintah Daerah dan Rakyat Sumbawa Barat. Karenanya, tidak ada alasan pihaknya menunda pembangunan ini. Pangdam pun berjanji, pada peresmian Kodim KSB ini akan mengusahakan mendatangkan Kasad bahkan Panglim TNI untuk meresmikannya. ‘’Saya akan coba hadirkan Kasad atau Panglima TNI hadir meresmikan Kodim KSB,” katanya.

Terkait masih kurangnya anggota Babinsa di KSB, Pangdam menegaskan, jika telah disinggung dan diminta oleh Bupati, maka pihaknya akan memenuhinya demi mendukung program pemerintah daerah. ‘’Ini udah di singgung ya saya akan perintahkan asisten untuk menambah Babinsa di KSB,” tegasnya.

 

Pembangunan Kodim KSB ini berlokasi di lahan seluas 7,28 hektar di Lingkungan Serangin, Kelurahan Bugis, Kecamatan Taliwang. Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat telah menyediakan lahan untuk pembangunan Makodim KSB di atas tanah seluas 4,28 hektar yang telah dibebaskan tahun ini dan sisanya dilaksanakan tahun depan.(Humas)