Dilepas Wakil Gubernur, Pawai Budaya Festival Taliwang Berlangsung Meriah

 

 

TALIWANG—Pawai Budaya Fesitval Taliwang 2017 dilepas Wakil Gubernur NTB, Drs. H. Moh. Amin, S.H., M.Si yang ditandai dengan pemukulan gong berlangsung meriah.

 

Festival tahunan dalam memeriahkan hari lahir Kabupaten Sumbawa Barat  yang pada tahun 2017 ini menginjak usia ke-14 berlangsung meriah dengan banyaknya peserta. Selain banyaknya peserta mengikuti pawai dibanding tahun lalu, pawai budaya tahun ini semakin diramaikan dengan berbagai macam kesenian Kabupaten Sumbawa Barat dan dari berbagai daerah di nusantara, seperti Reok Ponorogo, tarian khas NTT dan perwakilan daerah lainnya.

 

Pawai Budaya ini juga dimeriahkan peserta utusan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang menampilkan musik tradisional Gendang Beleq dan Kabupaten Sumbawa. Ribuan pasang mata masyarakat Kota Taliwang pun terhibur menyaksikan pawai yang dilepas di Komplek Perkantoran Kabupaten Sumbawa Barat KTC yang dimulai usai Sholat Ashar dan brakhir hingga waktu magrib ini.

 

Pawai Budaya Fesitval Taliwang 2017 ini akan berlangsung tiga hari, mulai hari Kamis (9/11/2017) sampai dengan Sabtu (11/11/2017). Peserta pawai hari ini diikuti 67 tim tingkat umum, perkantoran, guru dan pelajar SMA sederajat. Meski hujan mengguyur Kota Taliwang, tetapi peserta tetap semangat dan masyarakat antusias menyaksikan pawai. Di hari kedua/Jum’at akan diikuti 54 tim yakni tingkat TK dan PAUD. Pada hari ketiga yang diikuti tingkat SD dan SMP sebanyak 70 tim.

 

Dalam rangka mempromosikan budaya dan pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat menghadirkan wisatawan asal Hongkong dan dari negara-negara di Eropa. Termasuk mendatangkan Travel Agent dari Italia dan Inggris.

 

Bupati dalam sambutannya mengatakan, perbedaan budaya bukanlah pemisah. Namun perbedaan budaya yang ada menjadi pemersatu yang tidak akan mudah luntur. “Yang paling penting disini adalah kebersamaan di antara warga KSB, warga NTB kita bina kita jalin erat. ‘’Manfaat kita bersama, kita bersatu padu mudah-mudahan apapun masalah, apapun tantangan yang ada di hadapan kita insya allah dengan kebersamaan ini kita akan bisa tuntaskan,” kata Bupati.

 

Wakil Gubernur NTB, H. Muhammad Amin, S.H, M.Si mengatakan, Pemerintah Provinsi menyambut baik kegiatan Pawai Budaya Festival Taliwang 2017 ini. Hal ini menunjukan sektor industri pariwisata di NTB semakin bangkit dan tumbuh, yang saat ini mencapai angka 21,49% karena mengangkat kearifan lokal. “Tentu ini wajib kita lestarikan di seluruh kabupaten/kota yang ada dan punya potensi. Destinasinya kita perkuat dengan infrastruktur dan juga tentunya dengan promosi-promosi yang kita lakukan,” kata Wakil Gubernur.

 

Dengan mengangkat kearifan lokal untuk dijual kepada wisatawan, ditambah lagi kuliner yang kaya di setiap daerahnya. Didukung promosi yang gencar maka kunjungan wisatawan ke kabupaten/kota khususnya dan umumnya di Provinsi NTB akan terus meningkat. ‘’Insya Allah target 3,5 juta wisatawan tahun 2017 ini akan kita capai,” ungkapnya.(Humas)