Kejuaraan Memanah Regional Bali-Nusra Dibuka Bupati

 

 

TALIWANG—Berlokasi di lapangan Masjid Agung Darussalam Kompleks KTC, kejuaraan panahan regional Bali-Nusa Tenggara (Nusra) digelar.  Kejuaraan ini dibuka langsung Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M, Jumat sore (10/11/2017).

Kejuaraan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Lahir ke-14 Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2017. Kejuaraan yang mempertemukan atlet panahan dari Provinsi Bali, NTB dan NTT ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 10 November sampai dengan 12 November 2017.

 

Bupati dalam sambutannya mengatakan, Kejuaraan Panahan Piala Bupati 2017 ini, yang paling penting adalah sebagai alat perekat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya masyarakat di wilayah Bali, NTB dan NTT. Panahan dalam islam juga merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Selain itu, memanah juga merupakan wahana untuk rekreasi dan berprestasi. “Kita dengan sekali memenah itu adalah sunah rasul,pahalanya pasti kita dapat. Olahraga ini sekaligus ibadah, jadi tidak usah ragu-ragu baik suami dalam melepas istrinya sebagai atlit ataupun sebaliknya karna ini adalah semata-mata melaksanakan sunah,” kata Bupati

 

Kejuaraan Panahan Regional Bali-Nusra Piala Bupati 2017 ini cukup bergensi karena hadiahnya yang sangat tinggi. Pemerintah Daerah Sumbawa Barat saja mengeluarkan anggaran Rp. 100 juta untuk suksesnya kejuaraan ini. Dukungan dari PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) senilai Rp. 100 juta. Dukungan Bank BNI Taliwang senilai Rp 5 juta. Bank NTB Syariah menyokong dana Rp. 500 Juta.

 

Kejuaraan panahan ini diikuti sebanyak 215 peserta. Peserta berasal dari Bali, NTB dan NTT. Katergori yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini sebanyak, 12 kategori. Mulai dari kategori SD di 15 Meter, Untuk SD Pemula di 10 Meter, Untuk SMP di 30 Meter, SMA di 30 Meter, SMA dan SMP ada yang beregu campuran di 30 Meter. Dewasa Putra-putri  horse bow (menunggang kuda, Red) 30 dan meter. 

 

 

  

    

 

Malam harinya, Bupati Sumbawa Barat yang juga Ketua Persatuan Panahan Nasional Indonesia (Perpani)  NTB melantik Pengurus Cabang (Pengcab) Kabupaten Sumbawa Barat periode 2017-2021 yang ketuanya diamanahkan kepada Bapak Ilyas Yamin. Pelantikan dilaksanakan di  Central Forum Yasinan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat yang juga kediaman Bupati Sumbawa Barat, Jumat malam (10/11/2017). hadir dalam pelantikan ini Ketua KONI KSB, Sekdis Sosial dan undangan lainnya.

 

Bupati menyampaikan selamat bekerja kepada pengurus yang baru dilantik ini. Dengan adanya kepengurusan Perpani, maka olahraga memanah di Kabupaten Sumbawa Barat dapat diorganisir dengan baik untuk mewadahi masyarakat yang cinta akan olahraga sunnah ini. ‘’Saya yakin olahraga memanah di Kabupaten Sumbawa Barat akan lebih maju setelah terbentuknya kepengurusan di Kabupaten Sumbawa Barat ini,”katanya.(Humas)