Wabup Jadi Irup Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017  

 

TALIWANG—Bertempat di lapangan upacara Polres Sumbawa Barat, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T menjadi inspektur upacara (Irup) Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017.

 

Operasi Lilin Gatarin (Ganesa, Tambora, Rinjani, Red) 2017 dilaksanakan guna memeriksa kesiapan seluruh personel pengamanan termasuk sarana dan prasarana. Operasi  akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai tanggal 1 Januari 2018. Sebagai tanda dimulainya Operasi ini, Wabup memasang pita dan pin secara simbolis kepada anggota Polri dan pegawai Dinas Perhubungan KSB, Kamis pagi (21/12/2017).

 

Wakil Bupati yang membacakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada Apel ini menyampaikan, yang menjadi target pengamanan dalam operasi ini adalah tempat ibadah, orang dan barang saat perayaan Natal, perayaan pergantian tahun dan objek wisata. Beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguanyang perlu diantisipasi adalah potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, stabilitas harga kebutuhanpokok serta potensi konflik di masyarakat terkait perayaan Natal seperti aksi sweeping oleh Ormas.

 

Yang terlibat dalam Operasi Lilin Gatarin 2017 adalah personel gabungan dari Polri, TNI dan Pemerintah Daerah yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Pemadam Kebakaran. Selain menjaga keamanana tempat-tempat ibadah, objek wisata dan moment malam pergantian tahun, pasukan gabungan akan mengamankan jalan-jalan perlintansan arus mudik dan balik, pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi baik udara, laut maupun udara.

 

 

Beberapa hal yang ditekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan seluruh personel Operasi Lilin Gatarin 2017 adalah, memetakan potensi kerawanan di setiap wilayah, meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di tempat keramaian dan tempat ibdah. Melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah aksi sweeping oleh Ormas. Mengoptimalkan penggelaran anggota di tengah masyarakat dan memaksimalkan peran Satgas Pangan untuk mewujudkan stabilitas harga pangan. (Humas)