Bau Nyale Pererat Silaturrahim

 

 

TALIWANG—Festival Bau Nyale (menangkap jenis cacing laut, Red) merupakan sarana untuk mempererat tali silaturrahim Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dengan masyarakat.

 

Demikian diungkapkan, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M saat membuka Festival Bau Nyale di Pantai Desa Ai Kangkung, Kecamatan Sekongkang, Selasa pagi (06/02/2018). ‘’Kita berharap kegiatan ini memberikan dampak holistik, yakni terjalin dan eratnya silaturrahim yang baik antara pemerintah dengan masyarakat termasuk dengan alam ciptaan Allah SWT,” kata Bupati.

 

Hadir dalam Festival tahunan Bau Nyale ini, Para Asisten, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Sekongkang dan masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat. Bau nyale dilaksanakan usai melaksanakan sholat subuh berjamaah bersama Bupati. Masyarakat  pun antusias bersama Bupati dan pejabat lainnya melaksanakan bau nyale.

 

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan, bersama DPRD akan mengkomunikasikan ke Pemerintah Provinsi untuk meperbaiki sisa perbaikan jalan Provinsi yang ada di Kecamatan Sekongkang. Jika tidak, maka Pemerintah KSB akan meminta untuk dikerjakan sendiri agar jalan di Kecamatan Sekongkang menjadi mantap. Status jalannya pun dirubah menjadi jalan Kabupaten dan bukan berstatus jalan Provinsi lagi.

 

Selain itu, Bupati juga menyingung soal perekrutan tenaga kerja PT. Mac Mahon untuk proyek Batu Hijau. Diakui Bupati, warga Kecamatan Sekongkang memang warga yang paling dekat dengan area tambang. Sehingga bisa merasakan dampaknya secara langsung, baik dari sisi baik maupun buruknya. Warga pun diminta kesabarannya, karena Pemerintah KSB berupaya agar warga Sekongkang lebih banyak terserap dalam perekrutan tenaga kerja PT. Mac Mahon.

 

Bupati pun mengajak Pemerintah Desa dan masyarakat untuk menjaga kondusifitas antar wilayah. Menjaga keamanan dan kenyamanan yang telah terjaga di Kabupaten Sumbawa Barat. tidak perlu mencari dan memperbesar masalah apalagi saling memprovokasi. ‘’Jika di luar sana masih  ada yang belum merasa puas dengan apa yang sudah saya dan Wakil Bupati lakukan, saya sebagai Bupati tahu lebih banyak tentang apa yang harus saya lakukan untuk masyarakat,” jelas Bupati.

 

Camat Sekongkang dalam laporannya menyampaikan, Festival Bau Nyale ini diinisiasi oleh Ibu Kepala Desa Ai Kangkung. Dukungan masyarakat pun sangat tinggi. Pemerintah Kecamatan pun menyambut baik dan bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan masyarakat untuk mensukseskan acara ini. ‘’Ada beberapa spot bau nyale di Kecamatan Sekongkang, salah satunya di Pantai Desa Ai Kangkung. Mudah-mudahan acara ini tetap terlaksana dan akan lebih baik lagi ke depannya,” katanya.(Humas)