Wabup Mengajak Siswa Gemar Berinfaq

TALIWANG—Kepada ratusan siswa-siwa se-Kabupaten Sumbawa Barat, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T mengajak untuk gemar berinfak dan bersodaqoh.

 

Kegiata gerakan untuk berinfaq dan bersodaqoh atau berzakat banyak yang enggan untuk mengikutinya. Karena mengajak untuk mengeluarkan harta. Padahal harta yang ada pada manusia adalah titipan dari Allah SWT. Berzakat, berinfaq dan bersodakoh adalah menjalankan perintah Allah dan pasti rizkinya akan ditambah lagi oleh Allah SWT.

‘’Barang siap pandai bersyukur maka Allah akan tambahkan nikmatnya, dan barang siapa yang kufur maka azab Allah sangat pedih,” kata Wakil Bupati mengutip  Qur'an Surat Ibrahim Ayat 7 pada kegiatan Gerakan Berinfaq dan Bersodaqoh di Sekolah yang dilaksanakan di Masjid Agung Darussalam, Selasa pagi (27/02/2018).

 

Lanjut Wabup, anak-anak yang kebetulan memiliki orang tua yang kaya, maka tidak boleh sombong. Karena kekayaan yang ada adalah ujian. Seberapa kuat anak-anak akan menjadi baik dengan kondisi kekayaan orang tuanya tersebut. Maka anak-anak yang memiliki rizki lebih, agar memperhatikan yang kurang mampu, mengeluarkan infaq untuk saling membantu.  "Mari kita menanam yang terbaik untuk mendapatkan yang terbaik pula untuk kita dan Kabupaten Sumbawa Barat," imbuh Wabup. 

Dalam kesempatan ini, Wabup juga melepas Petugas Baznas (badan amil zakat nasional) KSB sebagai petugas pengumpul zakat/infaq/sodaqoh tingkat kecamatan di KSB. Kemudian menyerahkan secara simbolis Kotak Infaq/Sodaqoh kepada guru. Kotak yang dibuat siswi melalui lomba yang digelar Baznas KSB ini akan ditempatkan di seluruh sekolah di KSB.

Selanjutnya, Wabup juga menyerahkan hadiah  kepada siswa-siswi pemenang lomba pembuatan kotak infaq/sodaqoh dari barang bekas, dan pembuatan poster gerakan infaq/sodaqoh. Di tingkat SMA, lomba membuat poster dimenangi SMAN 1 Jereweh. Juara dua diraih SMAN 1 Taliwang dan juara tiga SMA Muhammadiyah. Untuk lomba pembuatan kotak infaq/sodaqoh, juara pertama diraih SMKN 1 Jereweh, juara dua SMKN 1 Maluk dan juara ketiga SMA 1 Muhammadiyah.

 

Sementara untuk tingkat SMP, juara pertama lomba pembuatan poster adalah SMPN 1 Seteluk, juara dua diraih SMPN 1 Maluk dan juara tiga diraih SMPN 1 Taliwang. Sedangkan lomba pembuatan kotak infaq/sodaqoh juga berhasil diraih MSPN 1 Seteluk, juara kedua SMPN 1 Taliwang dan juara ketiga diraih SMPN 3 Taliwang. Usai penyerahan hadiah, Wabup juga mengajak siswa-siswi dan seluruh hadirin berinfak dari uang dengan pecahan paling sedikit yang ada di dompet atau kantongnya saat itu.

 

Kepala Baznas KSB, H. M. Jafar Yusuf, S. Sos dalam laporannya mengatakan, Baznas bekerjasama dengan Lurah dan Kepala Desa se-KSB telah melakukan pendataan terhadap fakir di KSB. Tercatat, jumlah warga fakir di KSB sebanyak 500 orang.  ‘’Perbedaan fakir dan miskin, kalau miskin memiliki harta tetapi tidak mencukupi, sementara fakir tidak ada harta dan tidak ada yang menanggung kebutuhannya, dan Insya Allah, uang dari infaq  dan sodaqoh warga KSB-lah yang akan membantu mereka,” kata H. M. Jafar.

 

Ia juga mengajak siswa siswa untuk terbiasa berinfak atau bersodaqoh. Misalkan jika ibu memberikan Rp. 5.000 maka Rp. 1.000 dimasukkan ke kotak amal. Maka Insya Allah infak itu akan sangat berguna. Infak sedekah yang dikeluarkan, Allah akan memberkahi atau memberikan nilai tambah, seperti diberikan sehat, akan lebih cerdas, cita-cita akan tercapai dan keberkahan lainnya yang diberikan Allah Subhanahuwata'ala.(Humas)