Wabup: Lakukan Pembinaan Moral Sejak dini

TALIWANG—Pada Pembukaan Kegiatan pengayaan GTK Paud dan Dikmas tahun 2018 di Paud Mulia Taliwang, Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, S.T mengharapkan adanya pembinaan moral kepada anak didik yang dimulai dari usia dini. ‘’Para guru harus bisa memberikan pendidikan yang benar kepada para siswanya,” kata Wakil Bupati, Fud Syaifuddin dalam sambutannya di Halaman Paud/TK Mulia Taliwang, Selasa (13/03/2018).

Lebih lanjut Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat sangat serius dalam membangun dunia pendidikan. Kami sangat ingin membangun kekuatan moral generasi muda, karena saat ini nilai-nilai moral sudah sangat tergerus arus modernisasi. Ini adalah fakta yang terjadi, oleh karena itu peran guru sangat penting untuk tetap bisa mempertahankan moral dan nilai-nilai agama yang ada” tegas beliau.

 

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa beban guru-guru semakin hari semakin berat. Diera digital saat ini semua informasi bisa diakses dengan mudah termasuk informasi yang seharusnya belum waktunya dikonsumsi oleh anak-anak. Oleh karena itu moralitas ini yang harus diperkuat. Bukan hanya kemampuan eksak dan pengatahuan umum, tapi pengetahuan tentang agama dan moral  jangan sampai terbengkalai. Jangan tunggu mereka (anak didik) besar baru diajar, tapi mulailah ajarkan moral sejak dini”, kata beliau 

 

Wakil Bupati kemudian menginstruksikan kepada Kepala DIKPORA berkoodinasi dengan Asisten Pemerintahan dan Kesra agar menyiapkan telaahan untuk  membuat aturan agar anak-anak sekolah SMP kebawah dikontrol dalam hal penggunaan sepeda motor, Handphone, dan uang jajan mereka. “Secara garis besar saya ingin agar anak-anak usia SMP kebawah tidak boleh membawa sepeda motor dan handphone ke sekolah, Kemudian batasi uang jajan mereka maksimal Rp. 10.000,- saja per hari, tidak usah terlalu banyak karena justru akan menimbulkan dampak yang negatif bagi anak-anak”. Pungkas beliau.  

 

Diakhir sambutan, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada dua orang pengawas yang berprestasi di tingkat nasional atas nama Sofia Marni asal Sumatera Barat dan Iin Suparti asal DKI Jakarta yang berkenan datang untuk membagi dan bertukar pikiran dengan para pengawas yang ada di kabupaten sumbawa barat. Semoga interaksi ini bisa merubah dan meningkatkan kapasitas para guru dan pengawas yang ada di kabupaten sumbawa barat. “Hidup satu kali dengan penuh manfaat”, ungkap beliau menutup sambutannya.

 

Dalam laporannya, ketua panitia kegiatan yang juga merupakan pendiri Paud/TK Mulia Ibu Hj. Mulyani menyampaikan bahwa tema kegiatan ini adalah “mari meningkatkan kompetensi pendidik melalui pembinaan dan pengawasan yang Ikhlas, Jujur, dan Sungguh-sungguh”. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 15 s.d. 19 April 2018 dan para guru TK siap untuk menerima materi dengan target agar di hari lahir Kabupaten sumbawa barat yang ke – 15 nanti akan terbit karya tulis yang berkualitas oleh para guru dan pengawas.

 

Hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Direktorat PGTK PAUD dan DIKNAS Bapak Arief Munawar, S.H., Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Para Kepala PAUD/TK se KSB, Para Pengawas Sekolah Se-KSB dan para guru.(Bagian Humas dan Protokol)

 

Koleksi Foto: https://www.facebook.com/HumasProtokolSumbawaBarat/