PTNNT Belum Pernah Ekspor Konsentrat Sejak Pemberlakuan Bea Keluar

Gaung NTB, Mataram, Hal 1
PTNNT belum pernah melakukan ekspor konsentrat ke luar negeri, sejak pemberlakuan bea keluar mineral per 12 januari lalu.
“Sejauh ini belum ada pengiriman dilakukan. Kami masih intens berkomunikasi dengan pemerintah terkait pengenaan bea keluar tersebut,” ujar Rachmat Makkasau, General Manager SR&Government PTNNT, di Mataram, Minggu (9/2).
Menurutnya pemberlakuan bea keluar tersebut sangat memberatkan PTNNT.
“Sejauh ini memang belum terlihat dampak signifikan atas pemberlakuan kebijakan itu, program CSR maupun Comdev yang dilaksanakan perusahaan juga masih seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi jika pemberlakuan bea keluar itu tetap tidak berubah maka Operasional perusahaan akan sangat terganggu dan itu bisa berpengaruh pada banyak hal,” tegasnya.
Sementara, Senior Specialis Media Relation PTNNT, H Ruslan Ahmad, mengatakan, jumlah Produksi sudah mulai dikurangi.
“Jumlah Haul truck yang beroperasi sudah berkurang lebig dari setengahnya. Dari 113 unit sebelumnya, sekarang yang di operasikan hanya sebanyak 45 unit,” jelas Ruslan.
Sementara Sekda KSB, W Musyafirin, menyatakan, jika bea keluar tetap berlaku, tidak hanya PTNNT tetapi Pemda dan Masyarakat Sumbawa Barat kena dampaknya.(Gte)