Tiga Bulan Humas dan Protokol di Penghujung Rezim

Roda pemerintahan telah memasuki bulan ke-3 pada tahun 2015. Pasca Musrenbang beberapa minggu lalu, setiap SKPD tengah bersiap untuk melaksanakan kegiatan dan programnya. Tak terkecuali dengan Bagian Humas dan Protokol. Oleh karena itu, pada Jumat (20/3), Kabag Humas dan Protokol, Najamuddin Amy, S.Sos.,MM, mengadakan rapat evaluasi 3 bulan pertama untuk seluruh staf. Rapat yang dibarengi dengan penerimaan SK Pegawai Tidak Tetap (PTT) setahun kedepan dilaksanakan di ruangan Kabag Humas dan Protokol. Najamuddin Amy, S.Sos.,MM, dalam paparan awalnya, mencoba mengevaluasi kinerja tenaga PTT (baik yang sukarela, honorer, dan tenaga kontrak), juga PNS di tiap subbagian.

Kecamatan Jereweh Menangkan Lomba Kadarkum 2014

Salah satu program subbag Dokumentasi dan Informasi, Bagian Hukum Setda, adalah menyelenggarakan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) 2014. Lomba Kadarkum yang dilaksanakan pada Kamis (11/12) diikuti oleh perwakilan seluruh kecamatan. Maksud dan tujuan lomba Kadarkum adalah meningkatkan pemahaman tentang hukum yang menjadi bagian terpenting dalam pembinaan nasional sehingga dapat meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

Humas KSB dan Somasi NTB Gelar Tiga Hari Workshop PPID

Dalam rangka peningkatan pelayanan informasi dan dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Daerah, Bagian Humas KSB sebagai PPID Utama tengah bergeliat. Kegiatan yang telah dilakukan untuk mengaktifkan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yaitu penetapan SK Perubahan terhadap Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu Kabupaten Sumbawa Barat, serta FGD Draft Perbup tentang Sistem Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat.

Tiga Belas Raperda Diusulkan ke DPRD KSB

Pada 2014, Bagian Hukum Sekretariat Daerah akan mengusulkan 13 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, sebagai bagian dari program Legislasi Daerah.  Tiga belas Raperda yang sudah melalui proses di Bagian Hukum kemudian dibahas bersama SKPD terkait, pada Jumat (17/10) di Ruang Sidang I Setda. Agenda rapat tersebut adalah pemantapan konsepsi Raperda dalam rangka pengajuan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah usulan Pemkab Sumbawa Barat.

Undangan Penunjukan Peserta dan Pembukaan Workshop untuk PPID

Menindaklanjuti SK Bupati Sumbawa Barat Nomor 453 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Keputusan Bupati Nomor 765 Tahun 2013 tentang Penetapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPIDP) Kabupaten Sumbawa Barat, maka Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah membentuk PPPID Utama dan PPID Pelaksana untuk melaksanakan Standar layanan Informasi Publik di PPID.

Tim Pelaksana Bahas Penetapan Pelamar CPNS Lulus Administrasi

Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014 sudah memasuki tahap pengumuman lulus administrasi, yang telah mengalami verifikasi pertama pada Jumat lalu (10/10). Pengumuman lulus administrasi tersebut masih membuka kesempatan bagi  pelamar yang berkasnya kurang untuk melengkapinya paling lambat Senin (13/10). Sebagai tindak lanjut dari tahap tersebut, pihak BK-Diklat mengundang seluruh unsur tim pelaksana untuk rapat pleno Penetapan Kelulusan Seleksi Administrasi CPNS Tahun 2014.

BP3AKB Provinsi NTB Jalin Komunikasi Interaktif dengan PLKB

Kegiatan penyuluhan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak merupakan salah satu upaya perlindungan dari negara dalam mempersiapkan generasi bangsa. Agar generasi yang tumbuh adalah yang berkualitas, pembangunan seutuhnya bukan hanya dari sisi fisik semata, tapi sikap mental untuk perkembangan jiwa dan raga. Hal itulah yang diungkapkan oleh Asisten I Setda, Azis.,SH.,MH, dalam acara rapat koordinasi atau komunikasi interaktif dengan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di Sumbawa Barat. Menurutnya, kegiatan koordinasi ini merupakan wujud dari perhatian pemerintah daerah untuk ikut menangani perlindungan perempuan dan anak.

“Launching Website”, Pelayanan BPM-PPT Terbaik se-Pulau Sumbawa

Acara “launching website” yang diadakan pada Selasa (09/09) dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, para Kepala SKPD, serta pihak dari perbankan dan investor. Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPM-PPT), Drs.Hajamuddin, membuka acara peresmian tersebut, yang menegaskan bahwa "launching website" menjadi pelayanan perizinan terpadu. Hal ini menjadi semacam motivasi dalam rangka mengawal seluruh proses investasi. “Pelayanan sudah cukup layak dan representatif baik dari segi kantor maupun pelayanan, hingga saat ini muncul website. Bahkan, pelayanan BPM-PPT merupakan yang terbaik se-Pulau Sumbawa”, tuturnya.

BPM-Pemdes Gelar Revitalisasi Posyandu Bagi 201 Kader se-KSB

Pelatihan Revitalisasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa  (BPM-Pemdes) Kabupaten Sumbawa Barat 2014 telah dilaksanakan pada Kamis (04/09) silam. Acara tersebut berlangsung di Lantai III Setda, dari jam 09 WITA-selesai. Acara dibuka oleh laporan Kepala BPM dan Pemdes, Ibrahim, S.Sos, dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Daerah, Dr.W Musyafirin, MM.

Formasi PNS Kab. Sumbawa Barat Tahun Anggaran 2014

Pemerintah pusat melalui Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rerformasi Birokrasi telah menetapan Formasi Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Anggaran 2014 yang dituangkan dalam  Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 416 Tahun 2014 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Anggaran 2014.

Parade Bulan Citra Budaya NTB 2014, KSB Usung Tema Sampo Ayam

Pawai Budaya  pada Bulan Citra Budaya Propinsi NTB tahun 2014 yang dilaksanakan pada hari sabtu/23/08/2014, Kabupaten Sumbawa Barat mengusung tema Sampo Ayam. Salah satu permainan rakyat yang berlaku di kalangan masyarakat adat yang ada di KSB ini telah menjadi bagian dalam memeriahkan barisan kontingen dari Kabupaten Sumbawa Barat pada carnaval yang di adakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Arpusda KSB Gali Minat Baca dan Budaya Lewat Lomba Bercerita SD/MI

Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI Tingkat Kabupaten Sumbawa Barat telah dilaksanakan pada Selasa (19/8) di Kantor Arsip dan Perpustakaan KSB. Acara ini bertemakan peningkatan minat baca siswa menuju “Kabupaten Sumbawa Barat Berbudaya Baca”. Drs. Mukhlis selaku Kadis Dikbudpora, dalam acara pembukaan menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan minat dan budaya baca. Salah satu upaya yang telah dilakukan dengan menambah sarana dan koleksi bahan pustaka. Pemkab melalui kantor Arpusda telah merintis dan membangun inovasi pelayanan yaitu gedung perpustakaan di Arpusda, dan di tiap kecamatan dari Poto Tano hingga Sekongkang.

BPMPT Selenggarakan Workshop Kegiatan Penguatan Koordinasi Penanaman Modal Instansi Pemerintah Dan Dunia Usaha

Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT) KSB selenggarakan Worskshop, bertempat di Grand Royal Hotel Taliwang. Rabu/21/05/. Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 hari yang melibatkan unsur Pemerintah, dan perwakilan para pelaku usaha di bidang Investasi. Terdapat sebanyak 15 perwakilan dari unsur Pemerintah Daerah, 25 orang dari unsur dunia usaha, 5 orang dari unsur UMKM/koperasi dan 5 orang dari unsur BUMN/BUMD. Dari keseluruhan jumlah peserta sebanyak 50 orang adalah referesentasi dari dunia usaha dan investor yang ada di KSB. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Propinsi NTB L.Bayu Windia.

Hardiknas 2014 dan Insan Peradaban yang Unggul

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati dengan pelaksanaan upacara pada hari Jumat (02/05) di Lapangan Upacara Kantor Bupati Sumbawa Barat. Upacara tersebut dihadiri oleh anggota DPRD, jajaran SKPD, TNI/Polri, karyawan/karyawati PNS, Toga Toma, Ormas,  Organisasi Wanita, Pelajar SD hingga SMA dalam kota Taliwang, dan seluruh guru se-KSB.

57 SEKDES SE-KSB Ikut Kegiatan DIKLAT Peningkatan Kompetensi

Badan Kepegawaian Dan DIklat (BK-Diklat) Kabupaten Sumbawa Barat pada senin 21/04/2014 menyelenggarakan Diklat Peningkatan Kompetensi Sekretaris Desa Lingkup Pemkab. Sumbawa Barat. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, DR.KH.Zulkifli Muhadli SH.,MM. turut hadir dalam kesempatan tersebut pejabat dari Badan Diklat Kementerian Dalam Negeri Drs. Purwanto. Sebanyak 57 sekretaris Desa yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat, hadir dalam acara pembukaan bertempat di Lt. III Graha Praja/Gedung Setda KSB. Dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Kepala BK-Diklat Kabupaten Sumbawa Barat Malik Nurdin S.Sos.,M.Si menerangkan bahwa Para Aparatur Desa tersebut rencananya akan mengikuti kegiatan selama satu minggu dari tanggal 21 s.d 26 April dengan jumlah jam pelatihan sebanyak 60 jam pelajaran.

Bupati Buka Rapat Koordinasi Dinas Koperasi UMKM Se-Propinsi NTB

Bupati: Untuk membangun Koperasi, Kabupaten/Kota harus memiliki minimal 4 koperasi contoh

Bupati Sumbawa Barat DR.KH.Zulkifli Muhadli SH.,MM membuka acara rapat koordinasi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota se-Propinsi NTB. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Grand Royal Hotel Taliwang, terjadwal mulai tanggal 20 s.d 21 april 2014. Kegiatan tersebut diawali dengan acara pembukaan yang dilaksanakan pada pkl 20.00 Wita. Dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Drs Sudiyarsa,MM  selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja Dinas Koperasi dan UMKM propinsi NTB yang dianggarkan melalui dana dekonsentrasi. Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 30 peserta yang terdiri dari kepala dinas dan Kepala bidang yang ada di Dinas Koperasi dan UMKM di 10 Kabupaten kota se-NTB.

Peserta UN SMA Sederajat KSB 1449 siswa

Dari hasil konfirmasi tim media website Sumbawabaratkab.go.id, Jumlah siswa SMA,MA,SMK yang mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2013-2013 untuk wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, sedianya berjumlah 1501 karena ada ketambahan 1 orang yakni salah seorang siswa asal Kabupaten Sumbawa Barat yang berstatus tahanan di Polres KSB, belakangan informasi yang diterima oleh pihak penyelenggara UN KSB, ternyata ada 1 orang siswa yang tidak mengikuti UN (Mengundurkandiri,red).

Soal UN Akan Tiba Di Polres Sumbawa Barat

Sabtu (12/04) diperkirakan sekitar pukul 04.00 wita (Subuh) naskah soal dan LJK Ujian Nasional (UN) siswa SMA/MA,SMK (Negeri/Swasta) akan tiba di Polres Sumbawa Barat, sehubungan dengan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA,SMK berlangsung pada Senin 14 – 16 April 2014, terhitung mulai dari pukul 07.30 wita – 12.30 wita.

Kemandirian Ekonomi, Upaya Kurangi Ketergantungan terhadap PT NNT Sejak Dini | (Kajian Wantannas dengan Pemda Sumbawa Barat)

Kunjungan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dalam rangka pengumpulan materi perumusan kebijakan nasional di Kabupaten Sumbawa Barat berlangsung pada tanggal 26 Maret 2014. Bertempat di Ruang Sidang I Sekretaris Daerah, acara dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Sumbawa Barat, Drs.H.Mala Rahman. “Selamat datang di Taliwang, Sumbawa Barat. Mohon Maaf juga karena Bupati tidak bisa hadir langsung dalam acara ini”, ucapnya membuka acara.