Kecamatan Jereweh Menangkan Lomba Kadarkum 2014

Salah satu program subbag Dokumentasi dan Informasi, Bagian Hukum Setda, adalah menyelenggarakan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) 2014. Lomba Kadarkum yang dilaksanakan pada Kamis (11/12) diikuti oleh perwakilan seluruh kecamatan. Maksud dan tujuan lomba Kadarkum adalah meningkatkan pemahaman tentang hukum yang menjadi bagian terpenting dalam pembinaan nasional sehingga dapat meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

 

Peserta Lomba Kadarkum meliputi unsur-unsur KORPRI, Dharma Wanita, Mahasiswa, Pelajar, dan Ormas. Lomba Kadarkum tingkat kabupaten tersebut dibuat dengan format Cerdas Cermat. Setiap kelompok perwakilan kecamatan terdiri dari 5 personil. Setiap perwakilan harus menguasai materi lomba meliputi peraturan perundang-undangan yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, yaitu UU No 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak, UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, UU No 44 Tahun 2008 tentang Pornografi, UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, UU No 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Dewan Jurinya 5 orang terdiri dari Amiruddin Abbas (Dikbudpora), Rahmatullah  (Bagian Organisasi), Edzoel Ferdi (BK-Diklat), Sudirman (Kasubbag Perundang-Undangan), Drs.Mulyadi (Staf Ahli). Agendanya tiap 2 tahun sekali. Menurut Kasubbag Dokumentasi dan Informasi, Enny Purwanti, SH, animo para peserta cukup tinggi dalam mengikuti lomba Kadarkum Tahun 2014. Yang berhasil memenangkan lomba adalah perwakilan dari Kecamatan Jereweh, dan akan mewakili KSB ke tingkat Provinsi pada April mendatang.[nh]