Kemutar Telu Center

1.       Graha Fitrah


Graha Fitrah terdiri dari dua kata yaitu Graha yang berarti (gedung, rumah,ruang) dan Fitrah yang berarti (Suci, bersih). Perpaduan dua kata ini kemudian memberikan arti yaitu gedung yang suci.

Dalam kompleks Kemutar Telu Centre, bangunan ini berada di sebelah barat berhadapan dengan gedung Setda. Dan tepat berada pada posisi simetris antara beberapa bangunan yang ada di sekitarnya. Gedung ini terdiri dari 4 (empat) ruang utama yaitu: 1 (satu) ruang kerja Bupati, 1 (satu) ruang kerja Wakil Bupati, 1 (satu) ruang sidang, dan 1 (satu) ruang tunggu. Pada bagian atas terdapat helipet yang dapat dipergunakan setiap saat dan untuk mengantisipasi jika ada kunjungan baik dari Pemerintah pusat maupun dari pihak lain,  pada saat musibah banjir. Di dalam gedung inilah Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat melaksanakan tugasnya dalam menjalankan amanat rakyat.

Memberikan nama gedung Graha Fitrah kepada gedung kantor Bupati Sumbawa Barat ini merupakan amanat, agar segala aktifitas dan berbagai keputusan yang dihasilkan dalam rangka membangun Kabupaten Sumbawa Barat haruslah fitrah, agar mendapat berkah dari Allah SWT

  

2.    Gedung Setda

Bangunan yang berdiri tegak tepat berada di belakang gedung Graha Fitrah ini adalah kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Bangunan yang menjulang tinggi dengan tiga lantai, terdiri dari  beberapa beberapa ruangan sebagai tempat berkantornya beberapa pejabat Daerah seperti Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten I, Asisten II, Staf Ahli Bupati, beberapa Kepala bagian (Kabag Umum dan Keprotokolan, Kabag Humas dan PDE, Kabag Kesra, Kabag Hukum dan Organisasi, Kabag Perekonomian dan Kabag Administrasi Pemerintahan), Sekretariat Korpri, dan beberapa pusat layanan lainnya Santelda dan Media Centre.

Di gedung inilah terselenggaranya aktifitas administrasi dari segala bentuk progam pembangunan yang berlangsung di Kabupaten Sumbawa Barat.

3.       Tugu Syukur

Terdiri dari beberapa bagian dan masing-masing mempunyai makna

  • Diameter gumpalan emas yang menjadi kepala tugu dengan ukuran 112 cm adalah Al-Quran surat 112 surat Al-Ikhlas
  • 20 susun batu yang tersusun rapi adalah tanggal lahir, 11 ukiran batu di sekeliling tugu adalah bulan lahir, yang berarti HUT KSB
  • Bola emas yang ada di Kepala Tugu adalah cerminan cita-cita Pemerintah Daerah, yaitu memindahkan emas yang ada di perut bumi ke otak manusia Sumbawa Barat.
  • Ukiran pulau di kepala tugu adalah konsep pemikiran masyarakat KSB yang berpikir global
  • Posisi duduk tahiyat akhir dan diakhiri dengan salam bermakna transisi hubungan vertikal dan horisontal
  • Air yang berada di sekeliling tugu adalah simbol kehidupan sejahtera
  • Bola yang berputar secara teratur berarti berdzikir (Dzikrullah)
  • Batu granit mempunyai arti kerja keras
  • Desain arsitektur berarti kerja cerdas
  • Alas batu yang dibawahnya tidak teratur dan diatasnya teratur berarti Pariri Lema Bariri
  • Tiga lampu sorot mempunyai arti Kemutar Telu

 4.       Bentuk Segi Delapan Komplek Kemutar Telu Centre (KTC)

Bentuk segi delapan adalah cerminan lambang Islam dunia. Bentuk segi delapan mempunyai arti yang selaras dengan budaya masyarakat Sumbawa Barat dari sejak jaman dahulu yaitu bersifat terbuka kepada seluruh pendatang, mampu dan siap menerima masukan perubahan dari segala penjuru mata angin demi kemajuan Kabupaten Sumbawa Barat.