Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M mengapreasiasi Pemerintah Desa dan Warga Desa Bangkat Monteh yang komit melaksanakan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Desa Bangkat Monteh merupakan Desa pertama yang komit melaksakan STBM. ‘’Kita Mulai dari pinggir melaksanakan STBM, bukan dari tengah, Bangkat Monteh jadi percontohan di KSB melaksanakan STBM,” kata Bupati pada acara Deklarasi Komitmen Pelaksanaan Lima Pilar STBM di Lapangan Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Kamis siang (5/09/19).

Dijelaskan Bupati, melaksanakan lima pilar STBM tidak sulit. Pilar pertama yakni Bebas Buang Air Besar Sembarangan/ODF sudah terpenuhi karena KSB merupakan 1 dari 24 Kabupaten/Kota ditingkat nasional yang menjadi kabupaten ODF. Satu dari tiga kabupaten di luar pulau Jawa dan satu-satunya di NTB. Pilar kedua, cuci tangan pakai sabun, tinggal dibiasakan. Pilar ketiga pengelolaan air minum, yakni dengan merebus air minum jika tidak mampu membeli air mineral. Pilar keempat juga mudah, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Yang menjadi tantangan adalah pilar kelima, pengelolaan limbah cair rumah tangga, buatlah sumur resapan, jangan buang diselokan karena selokan untuk menampung air hujan. ‘’Capaian STBM di Bangkat Monteh sudah sangat baik, tinggal menekan limbah cair rumah tangga, jika semuanya baik maka masyarakat dan lingkungan akan bersih dan sehat,” jelas Bupati.

Aparatur Sipil Negara Pendamping penanganan rehab-rekon dan STBM peliuk di Desa Bangkat Monteh, H. M. Yusfi Khalid, S.KM mengatakan, komitmen pelaksanaan lima pilar STBM di Desa Bangkat Monteh berkat dukungan dan kerjasama semua pihak, mulai dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa, PKK, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kelompok Tuntas Baca Alquran, Kepala Dusun, Ketua RT, Kader Kesehatan Dinas Kesehatan, Karang Taruna dan masyarakat serta pihak lainnya.

Deklarasi pelaksanaan lima pilar STBM di Desa Bangkat Monteh dipimpin oleh Kepala Desa Sankot Rangkoti. Seluruh warga mengikuti lima komitmen yang dibacakan Kades yakni lima pilar dari STBM. Sebelum kegiatan deklarasi, Bupati didampingi Kasdim, Wakapolres, Camat Brang Rea dan Kapolsek diajak berkeliling kampung, melihat asrinya sepanjang jalan lingkungan atau depan rumah warga ditanami bunga dan sayuran oleh warga. Pagar-pagar, paping blok, bak sampah di depan rumah sudah sudah di cat warna-warni.(Humpro/Rilis 202/IX/2019)

0