Deklarasi Pilar 4 dan Pilar 5 STBM Kecamatan Taliwang Selasa 8/06 berlangsung pada Pukul 09.00 wita di Alun-alun Kota Taliwang. Suguhan menarik di awal acara yaitu tarian STBM yang dimainkan oleh lima penari menggambarkan aktifitas masyarakat dalam bergotong royong membersihakan halamannya masing-masing dan dikemas dalam bentuk gerakan yang artistik yang memukau para penonton. Kegiatan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Sumbawa Barat, para Kepala OPD, dinas Instansi Vertikal, Para Kepala Desa dan Lurah, Kepala Lingkungan dan Koordinator ASN/PTT Lingkungan se-Kecamatan Taliwang. Dalam deklarasi tersebut, tim verifikator menyatakan bahwa Kecamatan Taliwang tuntas pilar 4 dan pilar 5 STBM yaitu pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Wakil Bupati Sumbawa Barat di awal sambutannya memberikan apresisasi dan penilaian terbaik kepada Kecamatan Taliwang dalam pelaksanaan kegiatan Deklarasi. Wabup juga menyampaikan apresiasi kepada Kecamatan Taliwang. Dengan Jumlah penduduk yang lebih padat dibandingkan kecamatan lain, tentu penaganannya lebih rumit. Tetapi memang kita semua telah teruji dengan penuntasan pilar 1, 2, dan 3 dari STBM. Dan itu tidak mudah, karena merubah prilaku itu tidak gampang. Hingga hari ini kita adalah satu-satunya di NTB yang sudah berani menyatakan diri tuntas Open Defecation Free (ODF) atau tuntas buang air besar sembarangan. Dan jika sudah bisa menuntaskan ke-5 pilar STBM maka Kabupaten Sumbawa Barat adalah satu-satunya di Indonsia yang sudah tuntas STBM di Indonesia. Untuk itu pada kesempatan tersebut, Wabup juga menyampaikan harapan kepada Ibu-ibu guru yang hadir dalam acara, agar mengawali perubahan prilaku tersebut dari anak-anak. Mereka harus terbiasa dari menjaga STBM dari sekolahnya masing-masing hingga ke rumah. Mereka harus menjadi pengingat bagi orang tuanya agar tetap menjaga prilaku hidup bersih di dalam masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, wabup juga memberikan arahan kepada tim PDPGR yang sudah terpilih agar giat melaksanakan tugasnya. “Kalian harus bisa menunjukkan yang terbaik, sebab walaupun tim PDPGR yang sebelumnya banyak mendapat kritikan dari masyarakat tetapi mereka sudah berhasil menuntaskan Pilar 1,2, dan 3 dari STBM, maka agen PDPGR yang telah terpilih yang walaupun belum terbit SK-nya harus dapat menunjukkan yang terbaik ditengah-tengah masyarakat mulai dari sekarang”. Terang wabup.

Dalam laporannya, Tim verifikator Benny Tanaya menyampaikan bahwa dari hasil tim verifikasi yang turun ke lapangan, persentase Kecamatan Taliwang untuk pilar 4 berada pada angka 98 % dengan jumlah rumah tangga sebanyak 12.388 rumah yang sudah tuntas dan sebanyak 372 rumah yang belum tuntas. Sementara untuk pilar 5 berada pada angka 97 % dengan banyaknya rumah tangga 12.362 yang sudah tertangani dan 395 rumah yang belum tertangani. Sementara untuk rata-rata capaiannya yaitu 97,4 %. Capaian angka tersebut, Benny Tanaya menyampaikan bahwa angka tersebut adalah tertinggi dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. 

Sementara itu, Camat Taliwang Aku Nurrahmadin, S.Pd menyampaikan bahwa program STBM ini telah mampu mempersatukan seluruh PNS dan PTT yang ada di masing-masing lingkungan. Dari yang dahulunya mereka tidak saling kenal, mereka sekarang akrab. Melalui STBM telah memberikan ruang kepada PNS dan PTT sebagai teladan di masyarakat. Dalam kesempatan tersebut camat juga menyampaikan bahwa dari sejak awal pelaksanaan pencanangan pilar 4 dan pilar 5 STBM hingga akhirnya dilaksanakannya deklarasi, hal tersebut dilakukan secara swadaya oleh seluruh PNS dan PTT se Kecamatan Taliwang.  (Prokopim/rilis68/VI/2021)