Dari kiri Ke Kanan: Amar Nurmansyah, S.T. M.Si., Drh. Hairul Djibril, M.M., Nurdin Rahman, S.E., Suhadi,SP.,M.Si.,

Semenjak dibukanya pendaftaran Seleksi Calon Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat pada tanggal 10 Mei 2021, saat ini tercatat ada empat orang Birokrat KSB yang terdaftar sebagai calon Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumbawa Barat, H.Malik Nurdin,S. Sos bahwa persyaratan umum untuk menjadi calon Sekretaris Daerah yaitu berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II.b) atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun, memiliki pangkat/golongan ruang paling rendah Pembina Tingkat I (IV/b), berusia paling tinggi 56 tahun, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana, sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba.

Ke-empat calon tersebut yaitu Amar Nurmansyah,ST.,M.Si yang saat ini menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah KSB, Drh. Hairul Djibril, MM yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bappeda dan Litbang KSB, Nurdin Rahman, SE yang saat ini menjabat sebagai Kepala BPKD KSB, dan ke empat Suhadi,SP.,M.Si yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian KSB. Ke-empat nama tersebut telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Ke-empat calon tersebut terbilang masih muda, dan mempunyai rekam jejak yang mumpuni dalam mengelola manajemen birokrasi di tempat kerjanya masing-masing. Amar Nurmansyah,ST.,M.Si saat ini berumur 45 tahun. Di usianya yang masih sangat muda, terbilang mempunyai karir birokrasi yang cukup cemerlang, dari sejak menjadi staf di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumbawa Barat hingga akhirnya menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumbawa Barat dalam jangka waktu 15 tahun. Drh. Hairul Djibril, MM, pada bulan mei 2021 genap berumur 46 tahun. Berbagai jabatan penting di birokrasi KSB telah dilakoni oleh beliau, hingga akhirnya menduduki jabatan sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa Barat. Nurdin Rahman, SE berumur 52 tahun. Mengelola keuangan daerah merupakan spesialisasi yang dimiliki oleh beliau hingga akhirnya beliau dipercayakan oleh Bupati Sumbawa Barat sebagai Kepala BPKD KSB. Dan yang terakhir Suhadi,SP.,M.Si. ASN yang gila kerja ini, di bulan mei berumur 47 tahun. Karena berbagai prestasi kerja yang dimiliki, karirnya melejit dan hingga hari ini beliau menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat.

Empat birokrat muda yang saat ini sedang melewati berbagai tahapan seleksi untuk menjadi orang nomor satu di Birorat KSB adalah putra-putra terbaik KSB yang nantinya akan memegang peran penting dalam mendampingi Bupati, membangun Kabupaten Sumbawa Barat di masa yang akan datang. (Prokopim/rilis65/V/2021)