Taliwang, 31 Juli 2020, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan Shalat Idul Adha di Halaman Masjid Agung Darussalam. Kegiatan yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat tersebut berjalan khidmat dan lancar.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M., menyampaikan bahwa masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah siap menjalani Kehidupan dengan Tatanan Baru atau New Normal. Ini terlihat dari kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid19, yaitu memakai masker, menjaga Jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Bupati juga mengingatkan masyarakat bahwa tahun ini adalah tahun politik, masyarakat dihadapkan dengan pesta demokrasi dimana 270 kabupaten/kota akan memilih kepala daerah dan wakil kepala daerahnya, tidak terkecuali KSB. “Oleh karena itu mari kita jaga keamanan dan kondusifitas daerah agar pesta demokrasi bisa berjalan lancar dan iklim investasi tidak terganggu”. Kata Bupati.

Disamping itu juga Bupati menekankan kepada jamaah sholat Idul Adha agar dalam hidup bermasyarakat dapat mencontohi 3 (tiga) tokoh sentral yang berpengaruh dalam hari Raya Qurban, yaitu : Nabi Ibrahim sebagi seorang bapak yang memiliki karakter Ikhlas, Jujur dan sungguh-sungguh (IJS) , Nabi Ismail yang sangat taat kepada ayahnya demi kecintaan kepada Allah SWT dan Siti Hajar sebagai simbol seorang ibu yang juga memiliki sifat yang ikhlas dan pekerja keras atau sungguh-sungguh dalam memperjuangkan kehidupan anaknya, sebagai amanah Allah.
“Ketiga tokoh tersebut sama-sama memiliki karakter IJS”, ungkap Bupati.

Alhamdulillah pada hari Raya Qurban tahun ini, walaupun ditengah pandemi covid 19, Pemerintah kabupaten bersama sejumlah instansi vertikal dan masyarakat mampu berkurban dengan menyembelih 432 ekor hewan kurban yang terdiri dari 281 ekor sapi, 149 ekor kambing dan 2 ekor kerbau.

Sebelumnya, kegiatan malam takbiran dilaksanakan di masjid Assyakirin lingkungan sekitar kediaman Bupati. Acara takbiran dilaksanakan sederhana bersama Wakil Bupati, Sekda dan diikuti oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para kepala Bagian, dan Para Camat. (Prokopim/rilis108/VII/2020).