Sekongkang, 13 September 2020. Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M., melaunching Kampung Nelayan Sehat. Tampak ribuan warga memadati pantai Senutuk guna turut memeriahkan acara launching tersebut. Bupati tiba di lokasi langsung berbaur dengan masyarakat yang sedang melakukan senam pagi. Bupati Sumbawa Barat yang ditemani oleh beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Kepala Desa Ai Kangkung ikut dalam senam gebu pamire.

Camat Sekongkang, Syarifuddin, S.Pd melaporkan bahwa acara launching Kampung Nelayan Sehat Ai Kangkung tersebut telah dipersipakan dua bulan sebelumnya. Dalam kondisi covid-19 menurutnya launching yang dilaksanakan tersebut sebagai suatu langkah awal bagi masyarakat untuk melakukan adaptasi terhadap New Normal yang telah ditetapkan Pemerintah.

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya memberi apresiasi terhadap Kepala Desa beserta warga Desa Ai Kangkung atas kerja keras dan penyambutannya. Pada kesempatan tersebut Bupati langsung meminta kepada Manajemen PT.AMNT agar Kampung Nelayan Sehat Desa Ai Kangkung segera dibuatkan Site Plan-nya. Dengan adanya Site Plan maka pengembangan Kampung Nelayan Sehat Desa Ai Kangkung memiliki arah yang jelas untuk pengembangan kedepannya. “Untuk mewujudkan kampung nelayan sehat memang harus melewati perjalanan panjang dan membutuhkan kerja keras semua pihak. Untuk itu kita harus berani memulai langkah awal, mengerjakan yang kecil-kecil terlebih dahulu, sehingga langkah kedepannya tidak terlalu berat. Semuanya itu kita lakukan untuk KSB yang lebih baik kedepannya”, terang Bupati.

Diakhir acara, Bupati beserta rombongan melakukan pelepasan bibit ikan nila di salah satu kolam yang berada di areal Kampung Nelayan Sehat Pantai Senutuk, dan melakukan peninjauan pemukiman warga di dusun Bupati. Dusun tersebut berada di Desa Ai kangkung tepat berhadapan dengan Pantai Senutuk Berada di kaki bukit.(Prokopim/Rilis142/IX/2020)