Senin, 9 november 2020. Pejabat Sementara Bupati Sumbawa Barat yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan kesehatan menghadiri acara Kampung sehat award yang digelar Kepolisian Daerah NTB di Ballroom Kila Hotel Senggigi. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komjen Pol Agus Andrianto, S.H., M.H. mewakili KAPOLRI, Kapolda NTB Irjen. Pol. M. Iqbal, S.I.K., M.H., Gubernur NTB, forkopimda NTB serta Bupati walikota se-NTB.

Kegiatan Kampung sehat merupakan penjabaran dari perintah kapolri dan leading sektornya adalah Barhankam polri. Dalam kegiatan lomba kampung sehat, SEHAT merupakan akronim dari STERIL, EKONOMI PRODUKTIF, HARMONIS, ASRI, TANGGUH. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan masyarakat dalam melawan covid-19 tersebut dilaksanakan sejak tanggal 17 juli 2020 s.d. 9 November 2020.

Hasilnya, seperti yang dikutip dari sambutan Gubernur NTB, tingkat kecemasan masyarakat terhadap covid-19 menurun sehingga masyarakat NTB secara umum menjadi lebih tahan terhadap covid-19, tentunya disertai dengan penerapan protokol kesehatan.

Secara keseluruhan terdapan 16 Kategori yang dilombakan dan dalam lomba tersebut Kabupaten Sumbawa Barat mendapatkan juara pada beberapa Kategori. Diantaranya adalah kategori Pasar tersehat diraih Pasar Taliwang. Kategori Lurah/Kepala Desa terbaik diraih oleh Lurah Arab Kenangan.

Untuk Kategori utama yaitu kategori kampung sehat 2020, Juara 1 dengan hadiah piala dan uang pembinaan sebesar 50 Juta Rupiah diraih Desa Kembang Kuning Kab. Lombok Timur, disusul pada juara kedua dengan hadiah piala dan uang pembinaan sebesar 30 Juta Rupiah diraih Desa Pernek Kabupaten Sumbawa dan pada posisi ketiga dengan hadiah piala dan uang pembinaan sebesar 20 Juta Rupiah jatuh pada Desa Mura Kabupaten Sumbawa Barat. (Prokopim/Rilis160/XI/2020)