DAFTAR NAMA PEJABAT PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA BARAT

NO

NAMA/

NIP/PANGKAT/

GOLONGAN

JABATAN

1.

Hirawansyah, S.H., M.H

 

19620714 199202 1 001

Pembina Utama Muda

(IV/c)

Asisten Pemerintahan & Kesejahtaraan Rakyat

2.

Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si

19660901 199901 1 001

Pebina Utama Muda (IV/c)

 Asisten Ekonomi dan  Pembangunan

3.

H. Abdul Malik, S.Sos., M.Si

196410081986031018

Pembina Utama Muda

(IV/c)

Asisten Administrasi Umum dan Aparatur

4.

Slamet, S.P., M.M

 

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan

5.

Supiarno, S.Pt., M.M

 

Staf Ahli Bidang Aparatur dn Kemasyarakatan

6.

Ir. H. Ady Mauluddin, M.Si

195911131985031010

 Pembina Utama Muda

(IV/c)

Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumbawa Barat

7.

Drs. Hairul, M.M

197505072002121003

Pembina Tk. I, IV/b

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang

8.

Drs. Tajuddin, M.Si

31 Desember 1966

Islam

 196612311993111006

Pembina Tk. I, IV/b

Kepala Badan Kepegawaian Daerah

9.

H. Abdul Hamid, S,Pd., M.Pd

Sumbawa, 20 Februari 1969

Islam

19690220 198903 1 005

Pembina Utama Muda (IV/c)

 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan  Pelayanan Terpadu Satu Pintu

10.

Drs. H. Hamzah

Islam

196306151993031011 

Pembina Utama Muda (IV/c)

 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja 

11.

Amar Nurmansyah, S.T., M.Si

Sumbawa, 28 Desember 1975

islam

19751228 200501 1 006

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataaan Ruang Perumahan dan Permukiman

12.

Ir. Mansyur Sofyan, M.M

196205251986031026

Pembina Utama Muda

(IV/c)

 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan

13.

Ir. Irhas rahmanuddin Rayes, M.Si

196511021990031011

Pebina Utama Muda (IV/c)

Kepala Dinas Perhubungan

14.

Drs. Burhanuddin, M.M

19641212 198903 1 028

Pembina Utama Muda

(IV/c)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika

15.

Ir. Amin Sudiono, M.M

Taliwang, 12 Desember 1965

Islam

19651231 199203 1 218

Pembina Utama Muda

(IV/c)

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan & Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

16.

Ir. H. Muslimin, M.Si

Sekongkang, 31 Desember 1963

Islam

19631231 199303  1 162

Pembina Utama Muda

(IV/c)

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi

17.

Muhammad Suharno, S.Sos

Bima, 10 Desember 1968

Islam

19681210 199803 1 014

Pembina

(IV/a)

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A)

18.

Drs. H. Syamsul Kamil, M.M

 1962121119991031008

Pembina Utama Muda, IV/c

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah

19.

Drs. Mulyadi, M.Si

196512311986081006

 Pembina Utama Muda (IV/c)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

20.

Kusmayadi, S.T., S.K.M

 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran

21.

Agus Hadnan, S.Pd

Taliwang, 17 Agustus 1963

Islam

196308171988031022

Pembina Tingkat I (IV/b)

 Sekretaris DPRD KSB

22.

Drs. Mukhlis, M.Si

19620714 199202 1 001

Pembina Utama Muda

(IV/c)

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

 

 23.

IR. I GUSTI BAGUS SUMBAWANTO, M.SI

Hindu

 

196211171990031009

Pembina Utama Muda (IV/c)

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

24.

Suhadi, S.P., M.Si

 

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

 

25.

Ferial, S.K.M

Surabaya, 10 September 1968

Islam

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup

26.

Ir. H. M. Alimin

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan

 

27.

Muhammad Yusuf, S.I.P

 196512081986021006

Pembina Tk. I, IV/b

Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah

 

28.

Nurdin Rahman, S.E

196807081998031010

Pembina Tk. I, IV/b

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah

29.

H. Tuwuh, S.AP

7 Mei 1964

Islam

 196405071985111003

Pembina Tk. I, IV/b

 

 

Kepala Dinas Kesehatan

 

30.

dr. H. Syafruddin

196907181999031002

Pembina Utama Muda

(IV/c)

Kepala Dinas Sosial

31.

Abdul Hamid, S.Pd

 

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri

32.

Ir. Lalu Muhammad Azhar, M.M

Praya, 19 Sepetember 1963

Islam

19631231 199003 1  216

Pembina Utama Muda

(IV/c)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah

33.

Ibrahim, S.Sos

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

34.

dr. Carlof

 

Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB

35.

 

 

Sekretaris Dewan Pengurus Korpri KSB

36.

Hasanuddin, S.IP., M.Si

 

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan pada Sekretariat Daerah KSB

37.

Sahril, S.T

Islam

 

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Layanan Masyarakat pada Sekretariat Daerah

38.

Firmansyah, S.Pd

 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan pada Sekretariat Daerah

39.

Amir Syarifuddin, S.Pd., ST., M.M

25 Juni 1974

Islam

 197406252005011013

Pembina, IV/a

Kepala Bagian Penyusunan Program pada Sekretariat Daerah

40.

IR. ABDUL MUIS, M.M

Islam

19660215 199603 1 003 Pembina Tingkat I (IV/b)

Kepala Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah

41.

I Made Budi Artha, S.Sos., M.M

Islam

 

Kepala Bagian Pemerintahan pada Sekretariat Daerah

42.

Ahmad Yani, S.H., M.H

 

Kepala Bagian Hukum pada Sekretariat Daerah KSB

43.

Hasanuddin, S.H

 

Islam

 

Kepala Bagian Organisasi pada Sekretariat Daerah

44.

M. Taufik Dirjawijaya, S.EIslam

 

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah

45.

Drs. Mulyadi

 

Kepala Bagian Persidangan Perundang-undangan dan Humas pada Sekretariat DPRD KSB

46.

Ir. Sri Sustani

 

Kepala Bagian Umum dan Penyusunan Program pada Sekretariat DPRD KSB

47.

H. Syahabuddin, S.P

 

Kepala Bagian Penyusunan Program dan Keuangan pada Sekretariat DPRD KSB

48.

Ahmad Rivai, SKM

Seteluk, 23 Maret 1963

Islam

19630323 198511 1 002

Penata Tingkat I

(III/d)

Camat Poto Tano

49.

Taufik Hikmawan, S.Psi., M.Si

 

Camat Seteluk

50.

Suryaman, S.STP

Taliwang, 20 Maret 1982

Islam

 198203202001121003

Pembina, IV/a

 

Camat Taliwang

 

51.

A. Rahim, S.Pd

Islam

196211201988031012

Pembina Tk. I, IV/b

 

Camat Brang Rea

 

52.

Muhammad Taufiq, S.Sos

 

Camat Brang Ene

 

53.

Sirajuddin

 

Camat Jereweh

 

54.

ANUGRAH

196310191985021002

Camat Maluk

55.

SYARIFUDDIN

196907091993071003

Camat Sekongkang

56.

Mars Anugrainsyah, S.Hut., M.Si

 

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang

57.

Akunurrahmadin, S.Pd

 

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah

58.

Agus, S.Pd

 

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

59.

Hasan

 

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

60.

Muhammad Fauzi, S.Pd.SD

 

Sekretaris Dinas Sosial

61.

Sri Ayu Idayani, S.E., M.M

 

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

62.

Agus Purnawan, S.Pi., M.M

 

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah

63.

Hamzah Haji Amin, S.E

 

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran

64.

Ari Hadiarta, S.T., M.Si

 

Sekretaris Dinas Perhubungan

65.

Ahmad Zaini, S.T

 

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika

66.

Beri Hamdan, S.P., M.Si

 

SekretariS Dinas Ketahanan Pangan

67.

Dra. Hj. Tali’ah

 

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

68.

Drs. Zainuddin

 

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup

69.

Noto Karyono, S.Pi

 

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

70.

Zainuddin, S.H., M.H

 

Sekretars Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

71.

Nanang Sujatmiko, S.P

 

Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

72.

Ns. Kamaluddin, S.Kep

 

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja

73.

Ahmad, S.I.P

 

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

TUGAS POKOK DAN FUNGSI INSPEKTORAT

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

 

KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

  • (1) Inspektorat merupakan unsur pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah;
  • (2) Inspektorat sebagaimana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh Inspektur;
  • (3) Inspektur sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah;
  • (4) Inspektorat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai tugas membantu Bupati dalam membina dan me ngawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan Perangkat Daerah;
  • (5) Inspektorat dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (4) menyelenggarakan fungsi :
    • a. perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
    • b. pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya;
    • c. pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati;
    • d. penyusunan laporan hasil pengawasan;
    • e. pelaksanaan administrasi inspektorat; dan
    • f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

SUSUNAN ORGANISASI

Inspektorat terdiri dari:

  • a. Inspektur;
  • b. Sekretariat;
  • c. Inspektur Pembantu Wilayah I;
  • d. Inspektur Pembantu Wilayah II;
  • e. Inspektur Pembantu Wilayah III;
  • f. Kelompok Jabatan Fungsional

 

http://bkdiklat.sumbawabaratkab.go.id/

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS : Badan mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kepegawaian  yang menjadi kewenangan daerah, dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah. FUNGSI:

  1. penyusunan kebijakan teknis bidang kepegawaian;
  2. pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang kepegawaian;
  3. pembinaan teknis penyelenggaraan bidang kepegawaian ;
  4. pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pengembangan dan informasi pegawai, mutasi, serta pengendalian dan perlindungan aparatur, ;
  5. pelaksanaan administrasi/penatausahaan Badan;
  6. pembinaan terhadap UPT Badan;
  7. pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang kepegawaian pendidikan dan pelatihan; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN PENELITIAN PENGEMBANGAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang perencanaan pembangunan Daerah, penelitian pengembangan, dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. penyusunan kebijakan teknis perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan;
  2. pelaksanaan tugas dukungan bidang perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan;
  3. pembinaan teknis penyelenggaraan perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan;
  4. pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan;
  5. pelaksanaan administrasi/penatausahaan Badan;
  6. pembagian tugas koordinasi perencanaan pembangunan Bidang Ekonomi, Bidang Fisik Dan Prasarana, dan Bidang Sosial Budaya Dan Pemerintahan;
  7. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis perencanaan pembangunan dan penelitian dan pengembangan; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

===========================================================================

DOKUMEN TERKAIT: 

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah di bidang pengelolaan keuangan daerah yang menjadi kewenangan daerah.

 FUNGSI :

  1. penyusunan kebijakan teknis bidang pengelolaan keuangan daerah:
  2. pelaksanaan dukungan teknis bidang pengelolaan keuangan daerah;
  3. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang pengelolaan keuangan daerah;
  4. pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah bidang pengelolaan keuangan daerah;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.

===========================================================

Dokumen BPKD :

TUGAS POKOK DAN FUNGSI BADAN PENDAPATAN DAN ASET DAERAH

KABUPATEN  SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Melaksanakan fungsi penunjang di bidang pendapatan dan aset daerah yang menjadi kewenangan daerah, dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. penyusunan kebijakan teknis bidang pendapatan dan aset daerah:
  2. pelaksanaan dukungan teknis bidang pendapatan dan aset daerah;
  3. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis bidang pendapatan dan aset daerah;
  4. pelaksanaan administrasi / penatausahaan Badan;
  5. pembinaan terhadap UPT Badan;
  6. pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah bidang pendapatan dan aset daerah;
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.

========================================================

Dokumen Terkait:

http://bpmppt.sumbawabaratkab.go.id/

SUSUNAN ORGANISASI DINAS PENANAMAN MODAL-PELAYANAN TERPADU SATU PINTU 

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

a. Kepala Dinas;

b. Sekretariat, terdiri dari 3 (tiga) Subbagian yaitu; 

    1. Subbagian Umum dan Kepegawaian;

    2. Subbagian Keuangan;

    3. Subbagian Koordinasi Penyusunan Program.

c. Bidang Pengembangan Penanaman Modal dan Potensi, terdiri dari 2 (dua) Seksi yaitu:

     1. Seksi Pengembangan Penanaman Modal;

     2. Seksi Potensi.

d. Bidang Promosi dan Kerjasama ,terdiri dari 2 (dua) Seksi yaitu:

    1. Seksi Promosi;

     2. Seksi Kerjasama.

e. Bidang Pengendalian Penanaman Modal, terdiri dari 2 (dua) Seksi yaitu:

     1. Seksi Pendataan Penanaman Modal;

     2. Seksi Pengawasan dan Evaluasi Penanaman Modal.

f. Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, terdiri dari 2 (dua) Seksi yaitu:

     1. Seksi Perizinan;

     2. Seksi Non Perizinan.

g. Unit Pelaksana Teknis Dinas;

h. Kelompok Jabatan Fungsional.  

SUSUNAN ORGANISASI SATPOL PP
KABUPATEN SUMBAWA BARAT
  1. Kepala Satuan;
  2. Sekretariat, terdiri dari 2 (dua) Subbagian yaitu : 1. Subbagian Umum dan Kepegawaian; 2. Subbagian Koordinasi Penyusunan Program dan Keuangan.
  3. Bidang Ketertiban dan Ketenteraman, terdiri dari Dua Seksi yaitu: 1. Seksi Operasi dan Pengendalian; 2. Seksi Ketertiban Umum.
  4. Bidang Penegakan Peraturan Daerah, terdiri dari dua Seksi yaitu: 1. Seksi Penegakan; 2. Seksi Hubungan Antar Lembaga.
  5. Bidang Pembinaan Satuan Perlindungan Masyarakat, terdiri dari dua Seksi yaitu: 1. Seksi Data dan Informasi; 2. Seksi Pelatihan dan Mobilitas.
  6. Unit Pelaksana Satpol PP Kecamatan;
  7. Kelompok Jabatan Fungsional.

SATPOL PP MEMPUNYAI TUGAS:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

SATPOL PP MENYELENGGARAKAN FUNGSI:

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, penegakan peraturan daerah serta pembinaan satuan dan perlindungan masyarakat;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, penegakan peraturan daerah serta pembinaan satuan dan perlindungan masyarakat;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, penegakan peraturan daerah serta pembinaan satuan dan perlindungan masyarakat;
  4. pelaksanaan administrasi Satuan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;    

======================================
   Dokumen Terkait:

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

DINAS DIKPORA MEMPUNYAI TUGAS:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang pendidikan  pemuda dan olahraga dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

DINAS DIKPORA MENYELENGGARAKAN FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pendidikan pemuda dan olahraga;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pendidikan pemuda dan olahraga;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang pendidikan pemuda dan olahraga;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

http://www.dpmd.sumbawabaratkab.go.id/

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

   TUGAS: Melaksanakan urusan pemerintahan  di bidang pemberdayaan  masyarakat dan desa yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan.  FUNGSI:

  1. perumusan kebijakan teknis dibidang pemberdayaan masyarakat dan desa;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis dibidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan teknologi tepat guna, pembinaan partisipasi social budaya masyarakat, menejemen dan kelembagaan pemerintahan desa dan kelurahan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dibidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan teknologi tepat guna, pembinaan partisipasi social budaya masyarakat, menejemen dan kelembagaan pemerintahan desa dan kelurahan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN

BUPATI SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kelautan dan perikanan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kelautan dan perikanan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kelautan dan perikanan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kelautan dan perikanan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

DOKUMEN TERKAIT:

SAKIP DINAS KELAUTAN & PERIKANAN TAHUN 2019SAKIP DINAS KELAUTAN & PERIKANAN TAHUN 2018

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

 

TUGAS POKOK:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang koperasi perindustrian dan perdagangan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang koperasi perindustrian dan perdagangan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang koperasi perindustrian dan perdagangan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang koperasi perindustrian dan perdagangan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Dokumen Terkait :

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PERHUBUNGAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS: Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang perhubungan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah. FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang perhubungan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang perhubungan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang perhubungan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

http://diskominfo.sumbawabaratkab.go.id/

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang komunikasi dan informatika dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang komunikasi dan informatika;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KETAHANAN PANGAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang ketahanan pangandan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang ketahanan pangan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang ketahanan pangan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang ketahanan pangan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

   

 

KUNJUNGI: https://dinsos.sumbawabaratkab.go.id/  

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS SOSIAL

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang sosial dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang sosial;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang sosial;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang sosial;
  4. pelaksanaan administrasi Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Kunjungi> http://disparekraf.sumbawabaratkab.go.id/

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kebudayaan dan pariwisata dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

Fungsi :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kebudayaan dan pariwisata;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Dokumen terkait:

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KESEHATAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kesehatan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kesehatan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kesehatan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kesehatan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG, PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

 

TUGAS:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan pemukiman dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI:

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan pemukiman;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan pemukiman ;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang bidang pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan dan pemukiman;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Dokumen Terkait :

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PERTANIAN PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kearsipan dan perpustakaan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

========================================================

DOKUMEN DINAS PERTANIAN, PERKEBUNAN & PETERNAKAN:

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS LINGKUNGAN HIDUP

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS POKOK:

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang lingkungan hidup dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang lingkungan hidup;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang lingkungan hidup;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang lingkungan hidup;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

http://nakertrans.sumbawabaratkab.go.id/

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

   TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang tenaga kerja dan transmigrasi dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang tenaga kerja dan transmigrasi;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang tenaga kerja dan transmigrasi;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang tenaga kerja dan transmigrasi;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

Dokumen Terkait:

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS : Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kependudukan dan catatan sipil dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah. FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

BUPATI SUMBAWA BARAT

TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang kearsipan dan perpustakaan dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

 ==================================

DOKUMEN DINAS APUSDA KSB:

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PEMADAM KEBAKARAN

KABUPATEN SUMBAWA BARAT

TUGAS:

Melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pemadam kebakaran yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan.

FUNGSI:

  1. perumusan kebijakan teknis bidang pemadam kebakaran;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis bidang pemadam kebakaran;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang pemadam kebakaran;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN SUMBAWA BARAT

  TUGAS :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah.

FUNGSI :

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak;
  2. pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang pengendalian penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

   

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN

DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

 

 

KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

  • (1) Kecamatan dibentuk dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan;
  • (2) Kecamatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh Camat yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat ;
  • (3) Kecamatan mempunyai tugas mengkoordinasikan dan menyelenggarakan urusan pemerintahan umum, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan, dan melaksanakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten serta tugas lainny asesuai ketentuan peraturan perundang- undangan;
  • (4) Kecamatan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (3) mempunyai fungsi;
    • a. perumusan kebijakan teknis di tingkat Kecamatan;
    • b. pengkoordinasikan pelaksanakan kegiatan di tingkat Kecamatan;
    • c. pembinaan dan pelaksanaan tugas pemerintahan di Kecamatan;
    • d. pelaksanaan tugas lain yang diperintahkan oleh Bupati; dan;
    • e. pelaksanaan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

SUSUNAN ORGANISASI

Kecamatan, terdiri dari:

    • a. Camat;
    • b. Sekretariat;
    • c. Seksi Tata Pemerintahan dan Ketertiban Umum;
    • d. Seksi Pelayanan Masyarakat;
    • e. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat;
    • f. Kelurahan;
    • g. Kelompok Jabatan Fungsional;

DAFTAR KECAMATAN DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

No. Nama Alamat
1. Kecamatan Poto Tano Jln.
Telp.
Email :
Website :
2. Kecamatan Seteluk Jln.
Telp.
Fax.
Email :
Website :
3. Kecamatan Taliwang Jln.
Telp.
Email :
Website :
4. Kecamatan Brang Rea Jln.
Telp.
Fax.
Email :
Website :
5. Kecamatan Brang Ene Jln.
Telp.
Fax.
Email :
Website :
6. Kecamatan Jereweh Jl.
Telp.
Fax.
Email :
Website :
7. Kecamatan Maluk Jln.
Telp.
Email :
Website :
8. Kecamatan Sekongkang Jln.
Telp.
Fax.
Email :

TUGAS POKOK DAN FUNGSI LURAH

 TUGAS DAN FUNGSI:

  • Lurah mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam:
  1. Melaksanakan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  2. Melakukan pemberdayaan masyarakat;
  3. Melaksanakan pelayanan masyarakat;
  4. Memelihara Ketentraman dan ketertiban umum; dan
  5. Memelihara sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan umum.
  • Dalam melaksanakan tugas,  Lurah mempunyai fungsi:
  1. penyusunan program dan kegiatan Kelurahan;
  2. pengoordinasian penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kelurahan;
  3. penyelenggaraan kegiatan pembinaan ideologi negara dan kesatuan bangsa lingkup rukun warga;
  4. pengoordinasian kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  5. pembinaan penyelenggaraan terhadap kegiatan di bidang POS YANDU dan kebersihan;
  6. pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang kesejahteraan sosial;
  7. pelaksanaan penatausahaan Kelurahan;
  8. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsiny

SUSUNAN ORGANISASI:

  1. Lurah;
  2. Sekretaris Lurah;
  3. Kepala Seksi Pemerintahan;
  4. Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial;
  5. Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan;
  6. Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban; dan
  7. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

DAFTAR KELURAHAN DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

NO. NAMA ALAMAT
1. Kelurahan Dalam Jln. Sudirman-Taliwang
2. Kelurahan Arab Kenangan Jln.
3. Kelurahan Bugis Jln.
4. Kelurahan Telaga Bertong Jln.
5. Kelurahan Sampir Jln.
6. Kelurahan Menala Jln.
7. Kelurahan Kuang Jln.

SEKRETARIAT DAERAH

Sekretariat Daerah adalah Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, unsur staf yang membantu penyusunan kebijakan dan koordinasi pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Sekretariat Daerah dipimpin oleh seorang Sekretaris Daerah.

Susunan organisasi Sekretariat Daerah terdiri dari:
a. Unsur Pimpinan adalah Sekretaris Daerah;
b. Unsur Pembantu Pimpinan adalah Asisten Sekretaris Daerah terdiri atas :
1. Asisten Pemerintahan dan Aparatur membawahi 3 (tiga) Bagian sebagai berikut :
a) Bagian Pemerintahan, terdiri atas :
1) Subbagian Pemerintahan Umum;
2) Subbagian Pertanahan;
3) Subbagian Evaluasi Penyelengaraan Pemerintahan Daerah.
b) Bagian Hukum, terdiri atas :
1) Subbagian Perundang-Undangan;
2) Subbagian Bantuan Hukum dan HAM;
3) Subbagian Dokumentasi dan Informasi Hukum.
c) Bagian Organisasi, terdiri dari :
1) Subbagian Kelembagaan;
2) Subbagian Tatalaksana;
3) Subbagian Analisis Jabatan dan Kepegawaian Setda.
2. Asisten Perekonomian dan Pembangunan membawahi 3 (tiga) bagian sebagai berikut :
a) Bagian Perekonomian, terdiri atas :
1) Subbagian Administrasi Perkonomian;
2) Subbagian Administrasi Sumber Daya Alam;
3) Subbagian Pengembangan Investasi dan Dunia Usaha.
b) Bagian Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, terdiri atas :
1) Subbagian Administrasi Pembangunan;
2) Subbagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
3) Subbagian Peningkatan Kapasitas SDM.
c) Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan, terdiri atas:
1) Subbagian Administrasi Keagamaan;
2) Subbagian Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan;
3) Subbagian Administrasi Pendidikan dan Kesehatan.
3. Asisten Administrasi Umum membawahi 3 (tiga) bagian sebagai berikut :
a) Bagian Umum dan Perlengkapan, terdiri atas :
1) Subbagian Tata Usaha;
2) Subbagian Perlengkapan;
3) Subbagian Rumah Tangga.
b) Bagian Penyusunan Program dan Keuangan, terdiri dari :
1) Subbagian Penyusunan Program;
2) Subbagian Administrasi Keuangan;
3) Subbagian Evaluasi dan Pelaporan Keuangan.
c) Bagian Humas dan Protokol, terdiri dari :
1) Subbagian Humas;
2) Subbagian Peliputan dan Dokumentasi;
3) Subbagian Protokol.
4. Kelompok Jabatan Fungsional.

Bagan Struktur organisasi Sekretariat Daerah :

Selengkapnya:

Perbup Rincian Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah

Dokumen Terkait :

LAKIP

SAKIP

 

 

 

 SAKIP PEM. KSB TAHUN 2018

 LAKIP KSB 2018

 SAKIP KSB TAHUN 2017

 LAKIP KSB 2016

 SAKIP KSB TAHUN 2016