Kamis, 19 Maret 2020 Baznas KSB menggelar Sosialisasi dan Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Kecamatan/Kelurahan/Desa/Lingkungan/Dusun se-Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di Lantai tiga Gedung Graha Praja Sekretariat Daerah. kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 200 orang yang merupakan pengurus Masjid se – KSB ini dibuka oleh Bupati Sumbawa Barat.

Dalam sambutannya bupati menyampaikan bahwa masyarakat patut bersyukur karena ditengah-tengah banyaknya himbauan untuk mengurangi pertemuan dan kerumunan, masyarakat KSB masih bisa hadir untuk bersilaturahim dan berkumpul dalam kebaikan. Di KSB tidak semua himbauan dilaksanakan, semuanya disesuakan dengan kondisi riil masyarakat. Pada tanggal 15 Maret Forum Koordinasi Pimpinan Daerah telah melakukan rapat khusus untuk menyikapi himbauan-himbauan tersebut. Dengan mempertimbangkan faedah dan mudharat yang akan ditimbulkan dan melihat situasi terkini di Kabupaten Sumbawa Barat, Forum tersebut sepakat untuk menyesuaikan himbauan pemerintah pusat dengan kondisi di KSB. “Kami menghimbau agar masyarakat jangan takut, jangan panik namun tetap waspada terhadap isu wabah Corona. Manfaatkan momen ini untuk mengedukasi masyarakat bagaimana berperilaku hidup bersih dan sehat. Bagaimana etika batuk, kemudian bagaimana cara cuci tangan yang baik dan lain sebagainya” kata bupati.

Melanjutkan sambutannya, bupati mengingatkan bahwa membayar zakat itu wajib, karena itu merupakan cara manusia membersihkan hartanya. “Saya mengapresiasi kegiatan ini, melalui momentum ini mari kita bersihkan diri, hati dan Harta kita, saya berharap dengan terbentuknya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) ini, zakat lebih mudah dikumpulkan dan tentunya akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar zakat serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang kurang mampu”. imbuh bupati

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah H. A. Azis, S.H.,M.H., Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ketua Baznas beserta Jajaran, Tokoh agama, dan pengurus masjid se-KSB. (Rilis 51/Prokopim/III/2020)