Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat mendorong pengembangan produk lokal masyarakat. hal ini disampaikan wakil bupati sumbawa barat Fud Syaifuddin, ST pada acara penandatanganan perjanjian kerjasama antara pemerintah kabupaten sumbawa barat dengan Bulog, Bumdes Kemuning dan Forum komunikasi usaha mikro kecil dan menengah Kabupaten Sumbawa Barat pada kamis siang, 30 Oktober 2019 di ruang rapat BAPPEDA-Litbang.

Menandatangani Perjanjian kerjasama tersebut, Perum Bulog diwakili oleh bapak Heri Sulistiyo yang merupakan pimpian perum bulog cabang sumbawa. sedangkan dari pihak Forum Komunikasi UMKM diwakili oleh Nur Hayati. Penandatanganan perjanjian kerjasama disaksikan wakil bupati sumbawa barat bersama sekretaris daerah. Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Ekonomi dan pembangunan, Kepala BAPPEDA-litbang, Kepala dinas Koperasi dan UMKM, perwakilan dari Bumdes Kemuning, perwakilan dari AMNT, Camat Sekongkang, dan perwakilan dari Bulog.

Pemerintah Daerah telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 2 tahun 2019 tentang pemberdayaan usaha mikro kecil menengah dan koperasi di Kabupaten Sumbawa Barat. Peraturan Bupati tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan produk lokal sumbawa barat agar bisa berkembang dan bersaing dengan produk-produk diluar kabupaten sumbawa barat. Peraturan bupati tersebut juga telah ditindaklanjuti pemerintah daerah dengan mengeluarkan surat edaran nomor 800/91/bappeda-litbang/X/2019 tentang gerakan aksi bela dan beli produk lokal kabupaten sumbawa barat. Surat edaran tersebut mengajak seluruh aparatur sipil negara di kabupaten sumbawa barat agar memberikan dukungan terhadap aksi beli produk petani lokal, dengan merek “beras bariri” yang di produksi oleh forum komunikasi UMKM Koperasi bekerjasama dengan Perum Bulog. (Rilis 243/Humpro/X/2019)

0