Sumbawa Barat, – Senin, 11 Januari 2021 bertempat di Ruang Rapat Utama Graha Fitrah, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) H. Abdul Azis, S.H., M.H. didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian KSB menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 secara virtual melalui zoom meeting. Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo beserta para jajaran Menteri terkait menghadiri Pembukaan Rakernas ini secara terpisah di Istana Merdeka. Rakernas Pembangunan Pertanian tahun 2021 ini disiarkan langsung dari Gedung Kementerian Pertanian RI dengan dihadiri oleh 1.300 peserta yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri Pertanian RI, Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakernas ini bertujuan untuk memperkuat sektor pertanian dalam menopang pertumbuhan sektor ekonomi di tengah-tengah pandemi Covid-19. Sepanjang tahun 2020, sektor pertanian menjadi satu-satunya sektor yang tak gentar menghadapi berbagai situasi dan mampu berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi nasional.

Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya menitikberatkan pada pengelolaan yang berkaitan dengan pangan. “Pengelolaan yang berkaitan dengan pangan itu harus betul-betul diseriusi, pembangunan pertanian itu harus kita seriusi secara detail, saya ingin menggaris bawahi terutama yang berkaitan dengan komoditas pertanian import, kedelai, jagung, gula, bawang putih, dan beras, meskipun hampir sudah 2 tahun kita sudah tidak import beras, saya mau melihat apakah konsisten bisa kita lakukan, dan beberapa komoditas lain yang masih import tolong menjadi catatan”, jelas Presiden RI.

Selanjutnya, mengakhiri sambutannya Ir. H. Joko Widodo membuka secara resmi Rakernas Pembangunan Pertanian tahun 2021. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya resmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian tahun 2021”, singkat Presiden RI.(Prokopim/RIlis03/I/2021)