Jumat, 20 maret 2020

Bismillahirrahmanirrahim,

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 Yang saya hormati:

  • Wakil bupati sumbawa barat,
  • Pimpinan dprd kabupaten sumbawa barat,
  • Sekretaris daerah sumbawa barat, anggota forum koordinasi pimpinan daerah/forkopimda kabupaten sumbawa barat,
  • Ketua tim penggerak pkk ksb, ketua gow dan ketua dharma wanita persatuan ksb, bhayangkari dan persit kartika chandra kirana,
  • Para asisten, staf ahli, kepala opd,
  • Para camat, lurah/kepala desa se-ksb,
  • Para asn, anggota tni-polri, agen gotong royong,
  • Singkatnya peserta upacara syukur yang berbahagia.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat allah swt, atas limpahan rahmat, taufik dan hidayah-nya kita dapat hadir dan bersilaturrahim dalam upacara syukur ketiga tahun 2020 dalam keadaan sehat wal afiat di tengah kepanikan masyarakat dunia termasuk di indonesia terhadap penyebaran virus corona atau covid-19. Sholawat dan salam selalu kita sampaikan kepada nabi muhammad saw, semoga dengan sholawat kepada nabi, allah swt melimpahkan rahmat-nya dan menjauhkan kita semua dari wabah dan bala.

 Peserta upacara yang berbahagia,

Saat ini masyarakat dunia termasuk di indonesia tengah dilanda ‘’kepanikan dan ketakutan’’ karena mewabahnya corona virus diseases 2019 atau covid-19. tetapi alhamdulillah di Kabupaten Sumbawa Barat Allah SWT masih melindungi kita semua. masyarakat masih beraktifitas seperti biasa, pasar tetap diramaikan penjual dan pembeli, sekolah tidak diliburkan, aparatur sipil negara tidak perlu bekerja dari rumah, dan masjid-masjid tetap diramaikan jamaah.

Pemerintah Kabupaten telah menggelar rapat koordinasi menghadapi corona, sejumlah kebijakan telah diambil yang mungkin dilihat bertentangan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi atau Pusat, di antaranya pertama, tidak meliburkan sekolah. kebijakan itu diambil tidak lain agar masyarakat tidak panik, karena ksb belum terjangkit atau belum ada warga yang terkena corona. siswa tidak diliburkan agar ada jaminan mereka tetap diawasi selama enam jam di sekolah oleh guru-gurunya, ditambah lagi di rumah oleh orang tuanya sehingga mereka tetap terpantau. kebijakan kedua, membatasi perjalanan dinas ke luar daerah bagi aparatur sipil negara, terkecuali acaranya sangat urgen untuk dihadiri, masyarakat juga diharapkan untuk mengurangi perjalanan ke luar daerah. kebijakan ketiga, membentuk satuan tugas (satgas) pencegahan dan penanganan covid-19 di kabupaten sumbawa barat.

Sebagai langkah antisipasi masuknya corona ke Kabupaten Sumbawa Barat, satgas covid-19 ksb telah membuat posko di Poto Tano untuk memeriksa setiap orang yang masuk dan keluar Kabupaten Sumbawa Barat, satgas covid-19 KSB juga diharapkan secara intens mengedukasi masyarakat tentang covid-19, mengenali ciri-ciri dan cara menghindarinya, ajak masyarakat untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, khususnya lagi pilar kedua sampai pilar kelima pada sanitasi total berbasis masyarakat atau STBM, yakni: cuci tangan pakai sabun, mengkonsumsi air minum dan juga makanan yang sehat, mengelola sampah rumah tangga dan mengelola limbah cair rumah tangga.

Peserta upacara yang dirahmati Allah SWT,

Selama empat tahun kepemimpinan bupati dan wakil bupati, pemerintah daerah fokus dan telah mampu memenuhi hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan melalui program daerah pemberdayaan gotong royong, yakni memberikan perlindungan dan meningkatkan pemberdayaan sosial masyarakat lewat kartu pariri sehat terintegrasi, bpjs kesehatan dan kis yang telah meng-cover 100% warga kurang mampu, kartu pariri lansia dan kartu pariri disabilitas, serta mengucurkan dana sosial berkelanjutan non apbn dan non apbd bagi 3,32 persen warga miskin.

Dalam hal peningkatan usaha dan kemandirian ekonomi masyarakat, melalui kegiatan bariri  tani, pemerintah daerah telah menguatkan ekonomi para petani, bariri umkm telah menciptakan dan menguatkan permodalan pelaku umkm, bariri ternak dan bariri nelayan telah meningkatkan usaha dan kemapanan ekonomi para peternak dan nelayan.

Pemerintah daerah juga telah tuntas membangun empat jalan bagi masyarakat, yakni jalan tanah atau aspal yang telah menjangkau seluruh desa di kabupaten sumbawa barat, jalan air atau air bersih yang telah dinikmati hampir 100% masyarakat, jalan api yang telah mampu menerangi seluruh rumah di seluruh pelosok daerah dan jalan angin atau sinyal telekomunikasi, yang telah mampu menghilangkan daerah blank spot di tana pariri lema bariri.

Peserta upacara yang saya banggakan,

Setelah empat tahun pemerintah daerah fokus memenuhi hak-hak dasar masyarakat, maka di sisa satu tahun kepemimpinan bupati dan wakil bupati pada tahun 2020 ini, pemerintah daerah akan fokus meningkatkan kesejahteraan para aparatur sipil negara. sebagai apresiasi, penghargaan dan ucapan terimakasih kepada seluruh asn yang telah menunjukkan kinerja dan memberikan dedikasi terbaik dengan mental ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh di bawah payung gotong royong telah melaksanakan visi dan misi daerah.

Penghargaan itu berupa menaikkan tambahan penghasilan pegawai atau tpp bagi pegawai negeri sipil, dan peningkatan uang transportasi bagi pegawai tidak tetap. secara umum peningkatan tpp bagi pns rata-rata lebih dari 100 %, bahkan ada yang meningkat sampai lebih dari 200% seperti lurah dan camat. Untuk pegawai tidak tetap kenaikan uang transportasinya telah disesuaikan dengan jenjang pendidikan. hal ini dilakukan untuk memberikan keadilan dan penghargaan terhadap pentingnya pendidikan. secara umum peningkatannya rata-rata diatas 60 %. contohnya untuk tenaga kontrak daerah sebelumnya menerima uang transportasi sebesar rp. 900.000,- sekarang menjadi rp. 1.500.000,- untuk ptt dengan pendidikan sarjana dan diploma.

TPP dan uang transportasi akan diterima terhitung mulai bulan januari 2020, dan dari bulan januari, februari sampai maret absensinya akan diputihkan, sehingga semua ASN akan menerima TPP utuh. saya berharap dengan peningkatan TPP, disiplin dan kinerja asn bisa meningkat dari tahun sebelumnya.

Kenaikan tambahan penghasilan tersebut, tidak akan bernilai apa-apa jika dalam diri kita, tidak ada rasa syukur. maka hanya orang yang pandai bersyukurlah yang bisa menikmati tambahan penghasilan tersebut. jika kita tidak bersyukur maka kita akan kufur dan hancur, tetapi jika kita bersyukur maka tunggulah rejeki lain dari pintu yang tidak disangka-sangka. terimalah semua itu dengan sikap ikhlas jujur dan sungguh-sungguh.

Peserta upacara yang berbahagia,

Terakhir, sebelum saya mengakhiri sambutan ini, saya mengajak kita semua untuk tetap menjaga kondusifitas daerah, dengan terjaganya kondusifitas maka kita mendukung jalannya pemerintahan, jalannya pembangunan dan berkembangnya investasi, terlebih kabupaten sumbawa barat, tepatnya kecamatan maluk, telah ditetapkan sebagai kawasan industri oleh pemerintah pusat melalui peraturan presiden nomor 18 tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional (rpjmn) tahun 2020-2024.

Insya allah pt. amnt akan memulai tahap konstruksi industri smelternya pada bulan juni mendatang. kita doa dan dukung bersama agar pembangunan industri tersebut dapat berjalan lancar sehingga dapat tuntas sesuai target yakni tahun 2022 mendatang.

Kehadiran industri smelter pt. amnt dan akan diikuti dengan pembangunan industri turunannya sangat berarti bagi kabupaten sumbawa barat, karena kawasan industri tersebut nantinya akan membuka banyak lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kawasan industri tersebut akan menjadi central ekonomi sumbawa barat khususnya dan Provinsi NTB pada umumnya. kepada asn, diharap mampu meluruskan informasi dari beberapa oknum yang pesimis terhadap pembangunan smelter.

Hadirin peserta upacara yang berbahagia,

Demikian amanat yang dapat saya sampaikan, semoga allah swt senantiasa melimpahkan taufik, hidayah dan inayah-nya kepada kita semua dalam memberikan dedikasi terbaik untuk masyarakat, daerah dan negara.

Terimakasih atas perhatiannya,

Wallahumuwafik ila aqwamitthoriq,

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh,

Bupati Sumbawa Barat,

             TTD

Ir. H. W Musyafirin, M.M