Rabu, 28/10/2020. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan kegiatan pembukaan kegiatan Lomba Bershalawat dan Lomba membaca barzanji yang dirangkaiakan dengan peringatan hari santri nasional dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H. Kegiatan tersebut mengambil tema Sumbawa Barat Bershalawat menuju masyarakat baldatun toyyibatun warabbun gafur. Dalam laporan kegiatan, ketua panitia pelaksana Syamsul hidayat S.Pi Msi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menyemarakkan syiar islam di Kabupaten Sumbawa Barat melalui kegiatan bershalawat, dan berzanji. Selain itu juga kegiatan tersebut sebagai upaya untuk merawat tradisi, meningkatkan kencintaan kepada nabi muhammad SAW. Dalam kegiatan tersebut, Syamsul menjelaskan bahwa peserta yang terlibat yaitu sebanyak 72 sekolah sel-Kabupaten Sumbawa Barat yang terdiri dari SMA dan SMP sederajat. Peserta nantinya akan dikirim perwakilan masing-masing kecamatan, terang Syamsul

Sementara itu Ketua Tanfizd Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumbawa Barat Dea Guru Dr.Ir.H.W.Musyafirin M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba bershalawat dan membaca barzanji adalah kegiatan yang baik yang harus dijadwalkan rutin. Dengan bershalawat dan membaca berzanji, akan memberikan dampak terhadap pembangunan sumber daya manusia yang baik, memiliki akhlak yang baik. Tidak ada akhlak yang lebih mulia dari akhlak Rasulullah Muhammad SAW. Dengan bershalawat dan membaca berzanji kita satukan semangat menuju satu titik harapan yaitu Kabupaten Sumbawa Barat Baik.

Sementara itu, Pjs Bupati Sumbawa Barat, Dr. Muhammad Agus Patria SH., M.H. dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pengurus PC. NU Sumbawa Barat dengan semangat luar biasa yang ditunjukkan melalui lantunan lagu mars NU. Dalam kesempatan tersebut, Pjs Bupati menerangkan betapa pentingnya posisi bershalawat yang telah ditunjukkan oleh orang tua kita pada zaman dahulu. “Nasihat orang tua, begitu besar arti bershalawat. Jika ada orang sakit kita diminta bershalawat, jika ada hajatan kita diundang untuk bershalawat. Beliau juga berpesan agar Kegiatan yang bernuansa spiritual terus dikembangkan karena kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelelektual tidak akan berarti tanpa ditopang kecerdasan spiritual.

diakhir sambutannya, Pjs Bupati mengharapkan dukungan dari seluruh stakeholder dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai Penjabat Bupati. “Tolong saya didukung untuk menciptakan kondisi damai di Kabupaten Sumbawa Barat, karena salah satu tugas saya adalah bagaimana menjaga Kabupaten Sumbawa Barat ini menjadi kondusif, ungkap Agus Patria (Prokopim/rilis159/X/2020)