Sumbawa Barat, – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, H. Abdul Azis, S.H, M.H., menghadiri kegiatan Penganugerahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM AWARD) dan RAKORNAS STBM Ke-4 secara virtual melalui video conference yang bertempat di Ruang Rapat Utama Graha Fitrah pada Jum’at (13/11/2020), siang. Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan KSB, H. Tuwuh, Kepala Desa Kemuning Erman Maulana dan staf khusus bupati.

STBM Award tahun 2020 ini hadir untuk memicu Provinsi, Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia dalam upaya pencapaian target SDG’s 2030 poin 6 yakni pada tahun 2030 seluruh daerah di Indonesia sudah mencapai akses sanitasi aman untuk semua serta mengakhiri buang air besar sembarangan atau stop babs. Selain itu, agar Pemerintah Daerah dapat melaksanakan inovasi terbaik percepatan ODF dan upaya mempertahankan serta keberlanjutan STBM.

Kepala Desa Kemuning, Kecamatan Sekongkang pada kesempatan ini mendapatkan penghargaan pada kategori Lurah/Kepala Desa Terbaik dari Kabupaten/Kota Terbaik SBS/ODF tahun 2018-2019, dan Staf Khusus Bupati mendapatkan penghargaan pada kategori Natural Leader.

STBM Award ini diberikan oleh Menteri Kesehatan RI pada puncak kegiatan Rapat Koordinasi Nasional STBM ke-4 yang juga disiarkan langsung melalui youtube Kementerian Kesehatan RI.(rilis/161/XI/2020)