Sumbawa Barat – Kamis, (01/10/20) pagi bertempat di Ruang Rapat Utama Graha Fitrah, Sekretaris Daerah KSB H. Abdul Aziz, S.H, M.H., didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ir. Abdul Muis, MM., Kepala Sub-Bagian Protokol Muhammad Ja’far ST, dan Kepala Bagian Pemerintahan Suryaman, S.STP.,  hadiri  upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual.

Kegiatan yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini dilakukan secara sederahan dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Upacara tersebut terpusat diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi sebagai inspektur pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 ini.

Tema upacara yang diangkat dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini yakni Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila.

Sesuai dengan pedoman penyelenggaraaan Upacara Peringaatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia selaku panitia kegiatan menyampaikan bahwa di tingkat daerah, daerah yang berada pada zona hijau dan kuning memperingati Hari Peringatan Kesaktian Pancasila dengan melaksanakan upacara di Kantor Pemerintahan Provinsi/Kabupaten/Kota mulai pukul 08.00 waktu setempat. dan kantor Perwakilan/Lembaga yang berada di daerah mengikuti upacara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota. Sedangkan daerah yang berada pada zona oranye dan merah mengikuti upacara melalui siaran televise Republik Indonesia (TVRI) arau siaran langsung di kanal Youtube Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Setelah gelaran Upacara Bendera dilaksanakan, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan pimpinan lainnya berkeliling di kawasan monumen yang menjadi tempat para jenderal dibuang pada Tahun 1965 lalu di Lubang Buaya, Jakarta Timur. (prokopim/rils149/X/2020)