Bertempat di lapangan Masjid Agung Darussalam, Ahad 10 Dzulhijjah 1440H yang bertepatan dengan 11 Agustus 2019 Bupati Sumbawa Barat  Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M., memberikan pidato kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Bupati menyampaikan hikmah Qurban yang diangkat dari Alquran surat Al-Hajj ayat 37 yang merefleksikan ketakwaan kepada Allah SWT dengan mengikis kesenjangan sosial yaitu memperluas silaturahim dan bergotong royong, misalnya berbagi daging Qurban kepada para fakir pada Hari raya Qurban ini. Melalui kesempatan ini juga Bupati menyampaikan keberhasilan KSB yang telah keluar dari status daerah Tertinggal bersama 62 daerah lainnya sesuai keputusan Menteri Transmigrasi No. 73 Tahun 2019. Dengan ini Bupati berharap kepada masyarakat untuk tidak hanya mementingkan keuntungan pribadi ataupun kelompok dalam mencari nafkah tanpa memikirkan akibatnya bagi lingkungan dan kelangsungan hidup bersama. Oleh karena itu Bupati mengimbau kepada masyarakat yang melakukan praktik penambangan tanpa izin atau PETI dan pengolahannya atau gelondong untuk segera menghentikan kegiatanya sebelum aparat penegak hukum mengambil tindakan tegas. Aktivitas PETI dan Gelondong, selain mencemarkan lingkungan, juga kegiatan ini adalah ilegal.

Diakhir pidatonya, Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk membantu pemerintah menjaga kondusifitas dan keamanan daerah dalam pesta demokrasi pemilihan umum serentak di 270 daerah pada tahun 2020 mendatang dan ikut mendukung percepatan pembangunan Industri Smelter yang Insya Allah akan beroperasi pada tahun 2022 mendatang.

Bertindak sebagi Khatib dalam rangkaian kegiatan Sholat Ied tersebut Dosen UIN Mataram Prof. DR. TGH Fahrurrozi Dahlan., QH. MA  yang menyampaikan intisari dari Surat Alkautsar yakni perintah untuk melaksanakan sholat dan berkorban karena Allah memberikan banyak kenikmatan untuk mereka yang beriman. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah beserta jajarannya serta Masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. (Humpro/Rilis181/VIII/2019)

0