Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah KSB Formasi 2019 telah berakhir. Hasil seleksi selama lima hari yang dibagi dalam 21 sesi dimulai tanggal 30 Januari 2020 sampai 3 Februari 2020 itu pun diserahkan oleh Panitia Selekai Nasional (Panselnas) Kantor Regional X BKN Denpasar kepada Ketua Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Pemerintah KSB, H. Abdul Azis, S.H., M.H. Ketua Panselda yang juga Sekda KSB kemudian menyerahkan hasil SKD kepada Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M. Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, S.T. Ketua DPRD KSB H. Kaharuddin Umar, S.H, Kapolres, Dandim 1628/ Sumbawa Barat dan sejumlah Kepala OPD.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi setinggi-tingginya pihak-pihak yang terlibat dalam Seleksi CPNS KSB. Mulai dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), aparat keamanan dari TNI, Polri, Pol PP, Pemadam Kebakaran dan lainnya. ‘’Atas nama pemerintah KSB menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Semoga Seleksi Kompetensi Bidang bisa berjalan lancar. Semoga seleksi CPNS selanjutnya akan lebih baik lagi, dan kita berharap dan juga mendoakan agar banyak peserta dari KSB yang lulus dari seleksi CPNS ini. Sehingga putra putri KSB bisa memberikan pengabdian yang terbaik bagi masyarakat dan daerahnya,” kata Bupati.

 

Ketua Panselda CPNS KSB H. Abdul Azis, S.H., M.H dalam laporannya menyampaikan, sarana prasarana pada stasiun Computer Assisted Test (CAT) di Kantor BKPSDM KSB sangat baik. Seleksi CPNS menggunakan sistem CAT pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan di kantor Bappeda. Terkait data peserta, ada 2.809 pelamar yang mengisi formulir untuk merebut 105 formasi CPNS di KSB. Dari jumlah tersebut yang memenuhi syarat untuk dapat mengikuti SKD sebanyak 2.083. Tetapi jumlah yang mengikuti SKD sebanyak 1.982 peserta.

Jumlah peserta yang nilainya memenuhi passing grade sebanyak 792 orang dengan nilai tertinggi 413. Peserta tidak memenuhi passing grade sebanyak 1.190. Berdasarkan asal atau domisili peserta seleksi CPNS KSB, peserta berasal dari 40 Kabupaten/Kota di Indonesia. Namun peserta dominan berasal dari KSB. Untuk Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Panselda KSB akan menunggu informasi dari BKN.

Perwakilan Panselnas Kantor Regional X BKN Denpasar, Made Dinda Pradnya Pramita, S.Kom mengatakan, dari 35 titik pelaksanaan seleksi CPNS, KSB memiliki stasiun CAT terbaik. Fasilitas yang dimiliki hampir sama dengan yang ada di Kantor Regional BKN X Denpasar. ‘’Terimakasih dukungan dari  Panselda karena 21 sesi SKD selama lima hari penyelenggaraannya berjalan aman dan lancar. Semoga SKB sampai penetapan CPNS KSB nantinya juga berjalan lancar,” katanya.(Rilis 25/Prokopim/I/2020)