Sumbawa Barat, 29 Juli 2020. Usai acara penerimaan Danrem 162/WB di Graha Fitrah, Bupati bersama Danrem dan rombongan meninjau lokasi TMMD ke 108 di Dusun Batu Melik Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung hasil atau capaian kegiatan TMMD setelah selama kurang lebih satu bulan prajurit TNI bersama masyarakat dan stakeholder lainnya bergotong royong menuntakan seluruh target kegiatan yang telah dicanangkan.

Seperti yang tertuang dalam laporan Dandim 1628/SB, bahwa Kegiatan TMMD ke 108 di KSB, bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI Rakyat dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna menciptakan suasana yang kondusifbagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri. Kegiatan TMMD melibatkan 150 orang personil Tni dan 100 orang dari Kelompok masyarakat setempat. Beberapa kegiatan pembangunan fisik yang tuntas dilaksanakan antara lain, Pembangunan dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Pembangunan jalan Strategis pertanian, pembangunan Gorong-gorong, Pembangunan Masjid, dan Pembangunan Talud. Selain pembangunan fisik, juga dilaksanakan kegiatan kemasyarakatan seperti sosialisasi cara membuat cairan antiseptik dengan memanfaatkan tanaman lokal, penyuluhan, bantuan kesehatan, dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa selama kurang lebih satu bulan sejak kegiatan ini dibuka, terlihat banyak kemajuan yang terjadi, dan yang paling membuat beliau bangga adalah tujuan utama dari kegiatan ini, yaitu TNI manunggal bersama masyarakat tercapai. selama kegiatan berlangsung interaksi antara prajurit TNI dengan masyarakat berjalan dengan baik dan hangat, bahkan terlihat sudah seperti keluarga. Saking akrabnya, sebelum acara penutupan ini, tokoh masyarakat Desa Seminar Salit sudah menggelar hajatan perpisahan dengan personil TNI yang bertugas, mereka merasa berat untuk berpisah dengan TNI. “saya harap kondisi ini tidak terbatas hanya selama kegiatan TMMD, namun bisa berlangsung selamanya, selama NKRI ini ada”. pungkas Bupati.

Selanjutnya dalam tinjauan lapangan tersebut Danrem 162/WB juga berkesempatan untuk meresmikan Masjid At-Taqwa yang telah rampung dibangun melalui kegiatan TMMD. Danrem berharap agar semua fasilitas yang telah dibangun bisa dirawat dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama. (Prokopim/rilis106/VII/2020)