Tepat di hari kesepuluh bulan ramadhan, Rabu malam (15/05/19), Safari Ramadhan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat ditutup. Adalah Masjid Baiturrahman Desa Meraran, Kecamatan Seteluk menjadi pamungkas kegiatan tahunan di bulan ramadhan Bupati dan Wakil Bupati bersama anggota Forkopimda KSB dan jajaran pejabat Pemerintah KSB. Pada kesempatan tersebut, Bupati mengajak masyarakat Seteluk khususnya dan KSB umumnya untuk menjaga kebersamaan. ‘’Moment bulan ramadhan ini mari kita tingkatkan saling mengerti kita, saling memahami agar kebersamaan kita tetap terus terjaga baik,” kata Bupati Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M.

Dijelaskannya, sudah dua setengah tahun Pemerintah KSB sudah memberikan santunan untuk warga yang berhak, yakni untuk warga lanjut usia (lansia) dan disabilitas. Setiap bulannya lansia dan warga disabilitas menerima santunan senilai Rp. 250 ribu perbulan. Kemudian untuk warga miskin yang telah mendeklarasikan diri sebagai orang miskin sebanyak 1.586 kepala keluarga atau 3,32 persen Rp. 250 ribu setiap bulan melalui bank. Program tersebut merupakan perhatian yang diberikan pemerintah untuk masyarakat.

Dana kemandirian ekonomi masyarakat juga dikucurkan yakni kegiatan Pariri Nelayan, Pariri Tani, Pariri UMKM dan Pariri Ternak. Mekanismenya penerima bantuan harus menabung untuk dirinya sendiri senilai 10 persen dari nilai bantuan. Bupati juga mengajak warga untuk mensukseskan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yakni melaksanakan lima pilar selain bebas buang air besar. Sebab pilar bebas buang air besar sembarangan sudah sukses di KSB dan merupakan 1 dari 23 daerah di Indonesia yang sudah bebas  dari buang air besar sembarangan. Empat pilar tersebut adalah cuci tangan pakai sabun, minum dengan air bersih, mengelola limbah cair rumah tangga dan mengelola sampah rumah tangga.

Dalam kesempatan ini, Camat Seteluk Abdul Hamid, S.Pd dalam laporannya menyampaikan,  kerusakan Kantor Camat Seteluk di lantai dua yang belum ditangani, sehingga kegiatan di kantor tersebut belum terlalu maksimal. Soal rehab rekon dan STBM, kegiatan berjalan dengan baik. Namun untuk rehab rekon, SK satu dan dua, dana stimulan masih 20 persen yang belum diterima warga. Menanggapi keluhan Kantor Camat yang rusak, Bupati meminta Dinas PUPRPP untuk mengecek Kantor Camat. Memang sampai saat ini, pemerintah daerah hanya sibuk memperhatikan rehab rekon rumah warga, maka sudah saatnya kantor pemerintah juga diperhatikan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat.

Pada acara yang dihadiri Wakil Bupati, Sekda KSB, Kapolres KSB, Dandim 1628/Sumbawa Barat, Ketua TP-PKK KSB Ibu Hj. Hanipah Musyafirin, S.Pt., Ketua GOW KSB Ibu Neny Apriati Fud Syaifuddin dan ketua orgnisasi wanita KSB lainnya, Bupati didampingi Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis sejumlah bantuan untuk masyarakat Kecamatan Seteluk. Mulai dari dana pembangunan untuk masjid, active speaker, bahan pokok untuk warga lanjut usia, bantuan peralatan pertanian power threser, bahan pokok murah, dana untuk Taman Pendidikan Al Qur’an dan bantuan lainnya.(Humas & Protokol/Rilis 122/V/2019)

0