Sumbawa Barat, – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST., menerima vaksinasi Covid-19 (CoronaVac) perdana bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Asisten, dan perwakilan organisasi profesi serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di KSB. Vaksinasi ini digelar di Gedung Graha Fitrah Kantor Bupati KSB.

Wabup menjadi orang pertama di KSB yang divaksin karena Bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M., pernah terkonfirmasi positif Covid 19 sehingga beliau (Bupati) tidak perlu divaksin. Direktur Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) KSB sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Vaksinasi, dr. Carlof melaporkan bahwa dari 21 peserta calon penerima vaksin hanya 15 orang yang dinyatakan lulus screening dan layak menerima vaksin. Ada 4 tahapan pelaksanaan vaksinasi yang disampaikan oleh dr. Carlof diantaranya yakni pertama, registrasi ulang peserta yang dinyatakan lulus screening pada hari Senin lalu. Kedua, dilakukan screening ulang secara cepat, mengecek suhu tubuh dan tekanan darah. Ketiga, penyuntikan vaksin sekaligus pemberian sertifikat tanda telah melakukan vaksinasi. Terakhir, dilakukan observasi 30 menit pasca tindakan.

Menjadi orang pertama yang divaksin pada Rabu (03/02/2021) pagi ini, Wabup KSB berharap agar masyarakat KSB turut serta bersinergi membantu pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19 dengan berkontribusi dalam program vaksinasi ini. Wabup KSB juga meminta masyarakat untuk meyakini bahwa vaksin ini aman dan halal digunakan serta yang terpenting adalah masyarakat tidak boleh mudah terprovokasi bahkan menyebar berita hoax.

Selanjutnya, Wabup KSB berharap agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meski telah divaksin. Ungkapan terima kasih juga disampaikan Wabup KSB kepada pihak penyelenggara dan pihak-pihak yang telah berkenan divaksin. Diakhir sambutan, launching perdana Vaksinasi Covid-19 oleh Wabup KSB dibuka secara resmi. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, launching perdana Vaksinasi Covid-19 pada hari ini resmi saya buka”, singkat Wabup.(Prokopim/Rilis13/I/2021)