Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T membuka kegiatan Sosialisasi Pilkada/Pemilu Bagi Pemilih Pemula KSB di kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) KSB, Kamis pagi (6/02/20). Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan, memilih dan atau dipilih atau proses demokratisasi bagi siswa sebenarnya bukanlah hal yang asing. Proses demokrasi sejatinya sudah dipraktikkan siswa di sekolahnya, yakni dalam pemilihan  ketua organisasi siswa (Osis). Dalam proses tersebut, siswa akan memilih temannya yang dirasa terbaik di antara calon ketua Osis. Seperti itulah cara memilih pemimpin dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Maka dalam sosialisasi inilah nantinya peserta sosialisasi akan banyak mendapat pengetahuan dari para narasumber. Terkait teknis pendaftaran sebagai calon kepala daerah apakah melalui partai atau independen. Teknis pelaksanaan Pilkada, dan pengawasan pelaksanaan Pilkada/Pemilu. Terkait tugas pengamanan serta penanganan pelanggaran Pilkada, sampai Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. ‘’Karenanya dengarkan dan pahami materi dari narasumber, tanyakan hal yang belum dimengerti, dan sampaikan pengetahuan yang didapatkan dalam sosialisasi ini kepada teman-teman di sekolah masing-masing,” kata Wakil Bupati.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik KSB, Abdul Hamid, S.Pd dalam laporannya menyampaikan, 23 September 2020 mendatang akan dilaksanakan Pilkada serentak di seluruh Indonesia. Di NTB ada tujuh Kabupaten/Kota yang melaksanakannya. Satu di antaranya adalah KSB. Untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula menghadapi Pilkada, dilaksanakanlah Sosialisasi Pilkada/Pemilu Bagi Pemilih Pemula KSB.

Tujuan dari sosialisasi ini  pertama, memberikan pemahaman kepada pemilih pemula terhadap pentingnya Pemilu/Pilkada. Kedua mengedukasi agar menjadi pemilih yang cerdas, santun dan  berwibawa. Ketiga, mengedukasi pemilih pemula akan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Peserta sosialisasi adalah siswa SMU sederajat di KSB yang akan memberikan hak pilihnya pada Pilkada 2020. Narasumber sosialisasi adalah Komisioner KPU KSB dan Kasat Pembinaan Masyarakat Polres Sumbawa Barat.(Rilis 27/Prokopim/II/2020)