Jum’at (15/05) pagi bertempat di Ruang Rapat Utama Graha Fitrah, Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST didampingi oleh Dandim KSB, Wakil Ketua II DPRD KSB, dan Asisten II KSB mengikuti kegiatan rapat terkait dengan pelaksanaan paparan tentang kesiapan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui video conference (vidcon) yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran kegiatan TMMD ke-108 yang akan dilaksanakan di wilayah Kodim 1628/Sumbawa Barat.

TMMD ke-108 tahun 2020 ini merupakan salah satu upaya dalam rangka membantu Kabupaten Sumbawa Barat dalam proses percepatan pembangunan, mengangkat kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat, melancarkan arus transportasi dan ekonomi, serta meningkatkan infrastruktur untuk mengejar ketertinggalan dengan daerah lain.

Wabup dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemerintah KSB menganggarkan kurang lebih 1M untuk membantu kelancaran kegiatan TMMD Ke-108. “KSB saat ini menganggarkan anggaran sekitar 1M untuk kegiatan TMMD Ke-108. Walaupun seluruh anggaran dinas dipangkas karena imbauan Pemerintah Pusat dalam menghadapi kondisi saat ini tetapi khusus untuk TMMD Ke-108 ini, karena menyangkut kerjasama yang baik antara Pemerintah dan TNI sehingga anggarannya tidak dipangkas. Ini adalah salah satu cara kami memberikan apresiasi kepada TNI yang telah membantu Pimpinan Daerah dan seluruh rakyat KSB”, ungkap Wabup.

TMMD ke-108 kali ini mengangkat tema yakni “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” yang rencananya akan bertempat di Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea. Alasan pemilihan Desa Seminar Salit sebagai lokasi kegiatan karena Kecamatan Brang Rea khususnya Desa Seminar Salit merupakan salah satu lumbung padi di KSB, jalan transportasi pertanian belum dianggap strategis dan belum adanya tempat ibadah.

Rencana pra kegiatan dan pelaksanaan TMMD ke-108 akan dimulai dari tanggal 13 April 2020 – 29 Juli 2020, yang akan direalisasikan dalam 3 jenis kegiatan yakni pembuatan jalan strategis pertanian yang terdiri dari timbunan jalan, pembuatan jembatan kecil/plat deker, pembuatan gorong-gorong dan talud, kemudian pembuatan masjid di Dusun Batu Melik, dan RTLH 1 rumah baru dan 1 rehab sedang di Dusun Batu Melik dan Dusun Seminar.

Dandim KSB menyampaikan bahwa pembangunan jalan strategis pertanian di Desa Seminar Salit diharapkan dapat memudahkan dan memperlancar transportasi pengangkutan hasil pertanian terutama padi yang selama ini dirasa sangat berat oleh masyarakat di Desa tersebut. Selain itu, pembangunan masjid di Dusun Batu Malik merupakan sarana tempat ibadah yang sangat diharapkan oleh masyarakat (Rilis/73/prokopim/V/2020).